Kesehatan Mental Di Kantor Sangat Diperlukan

kesehatan mental di kantor

Keadaan mental tergantung dari berbagai faktor. Sedangkan mendapatkan kesehatan mental di kantor bukanlah hal yang mudah. Seringkali beban kerja menjadi alasan utama mental karyawan sering down. Apalagi jika sudah berhubungan dengan lingkungan kerja pasti akan lebih rumit lagi.

Karena lingkungan pekerjaan bisa membantu untuk terus maju ataupun menjadi penghalang. Indikasi kesehatan mental mungkin akan sedikit rumit untuk diketahui. Sebab banyak orang yang merasakan tertekan akibat keadaan mentalnya sedang tidak optimal. Tapi fisiknya sama sekali tidak menunjukkan ciri-ciri bahwa dia sedang mengalami tekanan mental.

Untuk itu sangatlah penting bagi perusahaan untuk menjaga kesehatan mental di kantor. Sebagai salah satu instrumen yang berperan penting bagi kemanjuan perusahaan. Karyawan harus mengetahui keadaan mental karyawannya. Tekanan pada mental bisa mempengaruhi kinerjanya.

kesehatan mental di kantorPentingnya Menjaga Kesehatan Mental Di Kantor

Sebagai rumah kedua kantor harus menjadi sebuah tempat yang aman. Beberapa pekerja merasakan insecure atau kecemasan dan tidak aman ketika berada dilingkungan kerja. Hal ini terjadi karena lingkungan didalam perusahaan tersebut tidak menganut budaya kerja yang baik dan profesional.

Sebuah perusahaan yang mampu menjaga kesehatan mental di kantor maka tingkat kinerja setiap karyawannya akan lebih baik. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagai manusia karyawan memiliki mood dan juga motiviasi kerjanya sendiri. Ketika mood dan motivasinya hancur karena tertekan mentalnya maka ia tidak akan bisa berkerja dengan fokus serta baik.

Bahkan sebagian orang memiliki tingkat ketahanan mental yang berbeda-beda tergantung dari gen yang dibawanya. Maka dalam mengambil sikap perusahaan harus lebih berhati-hati. Pasalnya mental ini bukanlah hal yang sepele dalam dunia pekerjaan. Beberapa tragedi menggenaskan sudah sering terjadi akibat tekanan mental yang diterima oleh pekerja.

Contoh yang paling jelas ketika perusahaan tidak bisa menjaga kesehatan mental di kantor. Adalah negara Jepang, disana tingkat tekanan pekerjaan sampai menimbulkan sebuah kejadian bunuh diri. Dilain cerita ada juga kejadian di negara Cina dimana seorang pekerja merasakan depresi.

Ia hendak mengakhiri hidupnya dengan loncat dari jembatan. Hal-hal krusial seperti ini tidak bisa dipandang sebelah mata oleh manajemen perusahaan ataupun HR. Jika terlalu memaksakan semua tanggung jawab keapada karyawan tanpa memberikannya waktu pribadinya.

Maka bukan keuntungan yang akan didapat melainkan kebalikannya yaitu kerugian. Berbagai kerugian bisa menimpa perusahaan yang memiliki reputasi lingkungan kerja dan kesehatan mental di kantor buruk. Bahkan peraturan pemerintah juga sudah menjamin keselamatan dan juga keamanan seorang pekerja saat menjalankan kewajibannya disebuah perusahaan.

Dalam segi psikologi, mental sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Kehidupan pribadi bisa menjadi penyebab utama tidak sehatnya mental seseorang. Bahkan pekerja profesionalpun jika sudah dihadapkan kepada permasalahan pribadi yang rumit pasti akan mengalami depresi.

Ini sangat wajar karena pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang harus selalu menerima bantuan dan melakukan interaksi. Hadirnya HR didalam perusahaan bisa menjadi pengobatan sekaligus pencegahan hal buruk seperti ini terjadi.

Setiap Pekerjaan Memiliki Resiko Mental Yang Sama

Sebagian orang berpikir hanya pekerjaannya saja yang paling berat dan membuatnya stress. Padahal faktanya hampir seluruh pekerjaan memiliki kondisi dan beban yang sama. Hanya saja bentuk dari bebannya yang berbeda. Sehingga kesehatan mental di kantor harus digunakan dengan berbagai variasi.

Berdasarkan berbagai sumber diketahui bahwa produktifitas dari karyawan juga dipengaruhi oleh keadaan mentalnya. Ketika ia mengalami depresi ataupun stress maka tingkat produktifitasnya akan menurun secara siginifikan. Perusahaan tentu akan kewalahan jika hal seperti ini menyerang karyawan.

Segala hal buruk dan baik didalam kehidupan bisa mempengaruhi kesehatan mental di kantor. Bukan hanya lingkungan kerja saja yang berperan dalam mempengaruhi mental pekerja. Bahkan saat karyawan tersebut pergi ke kantor tapi diperjalanan mengalami hal yang buruk. Pasti hal tersebut akan mengganggu mentalnya.

Maka dari itu perusahaan harus sigap dalam menanggapi keadaan karyawannya. Cara apa saja yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menekan tingkat kesehatan mental di kantor yang buruk?. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterap didalam perusahaan anda.

Menyiapkan Kopi Saat Hendak Memulai Pekerjaan

Terdengar simpel tapi dampak yang diberikan kopi kepada mental anda akan sangat baik. Kandungan caffein didalam kopi bukan saja menjadi obat kantuk. Tapi juga bisa menyebabkan anda rileks dan keadaan mental didalam diri lebih siap untuk menjalani pekerjaan.

Diluar negeri banyak perusahaan yang mengadopsi cara ini. Mereka menyediakan secangkir kopi hangat untuk setiap karyawannya ketika memulai pekerjaan. Dampak pada produktifitas karyawan memang sangat signifikan dan baik.

Tapi jangan lupa untuk mengingatkan karyawan yang hendak meminum kopi agar makan terlebih dahulu sebelum menikmatinya. Kandungan asam didalam kopi akan melukai lambung jika dikonsumsi sebelum menikmati makanan.

Sediakan Sarana Pelepas Stress

Sarana pelepas stress bisa menjadi pilihan bagi perusahaan untuk menjaga kesehatan mental di kantor. Membangun gym didalam lingkungan kantor bisa menjadi sarana pelepas stress yang unik. Dengan adanya gym ini karyawan bisa membuat tubuhnya sehat sekaligus keadaan mentalnya membaik.

Latihan kebugaran terbukti dapat mengalihkan bahkan menghilangkan berbagai pikiran negatif yang ada didalam diri. Melatih fisik juga terbukti dapat meningkatkan fokus ketika berkerja. Ini terbukti oleh para pekerja diluar negeri memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi karena didalam perusahaannya disediakan gym.

Kesehatan mental di kantor paling penting dijaga dalam departemen human resource dan juga pihak manajemen. Karena tekanan pekerjaan yang dimiliki kedua departemen ini sangat besar dan penting bagi perusahaan.

Menyediakan Perangkat Bantuan

Sarana terakhir adalah dengan memanfaatkan sebuah perangkat lunak sebagai sarana bantuan dalam berkerja. Untuk membantu pekerjaan karyawannya perusahaan bisa menggunakan JojoExpense. Kecanggihan perangkat lunak ini sudah diakui oleh 300 perusahaan ternama yang ada di Indonesia.

Perangkat lunak ini mampu mempermudah anda saat hendak mengontrol keuangan perusahaan. Karenan basis dari perangkat lunak ini terhubung dengan internet. Anda cukup menggunakan ponsel pintar dan tersambung ke internet untuk memonitor keuangan perusahaan.

Tidak perlu lagi takut ketika harus berhadapan dengan keputusan keuangan. Penipuan tidak akan bisa luput dari pantauan JojoExpense. Dengan kecerdasan buatan yang sanggup mendeteksi adanya kejahatan penipuan maka perusahaan anda akan memiliki kesehatan mental di kantor yang lebih baik.

Penggunaan sistem penyimpanan yang digital membuat dokumen kertas sudah tidak dibutuhkan lagi. Anda bisa menyimpan dokumen secara digital saat menggunakan JojoExpense. Keuangan perusahaan juga akan lebih terjamin dengan penggunaan perangkat lunak ini.

Kemudahan manajemen keuangan berada digenggaman anda. Coba langsung versi demo dari perangkat ini sekarang juga. Download lalu aplikasikan versi demo dari JojoExpense di perusahaan anda. Rasakan kemudahan yang belum pernah anda rasakan ketika mengelola keuangan perusahaan dengan JojoExpense.