Komunikasi Bisnis: Pengertian, Tujuan Hingga Hambatan

komunikasi bisnis

“Kita tidak bisa tidak berkomunikasi.” Itu adalah salah satu kalimat yang banyak dikenal oleh para pelajar bidang komunikasi. Pesan dari kalimat tersebut memang tidak dapat dipungkiri, karena kita sangat membutuhkan komunikasi antar sesama dan di semua bidang, termasuk dalam hal bisnis.

Untuk membuat bisnis atau usaha kita berjalan dengan baik, perlu adanya komunikasi yang baik. Maka dari itu, sebuah perusahaan hampir pasti memiliki ahli komunikasinya sendiri, sebut saja humas.

Komunikasi dalam hal bisnis sebetulnya sudah banyak dipelajari. Banyak instansi pendidikan yang mengajarkan materi ini. Mereka menyebutnya dengan komunikasi bisnis. Melalui artikel ini, kita akan coba bahas soal komunikasi bisnis.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Kita mulai dari pengertian terlebih dahulu. Komunikasi bisnis, terdiri dari dua kata, komunikasi dan bisnis. Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), masing-masing dari kata tersebut memiliki arti dan pengertiannya.

Komunikasi dalam KBBI diartikan sebagai pengiriman pesan atau berita antar dua orang atau lebih, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Komunikasi diartikan juga sebagai hubungan. Atau kalau menurut pakar komunikasi, Laswell, komunikasi dijabarkan dengan “Who says what, in what channel, with what effect.”

Sedangkan bisnis dalam KBBI diartikan dengan usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang. Lalu, bagaimana ketika kedua kata tersebut digabung menjadi satu kesatuan?

Komunikasi bisnis dalam pengertiannya diartikan dengan proses pertukaran informasi, yang dijalankan untuk mencapa sebuah tujuan. Tujuan tersebut merupakan tujuan komersial perusahaan.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Setelah mengetahui pengertian atau definisi dari komunikasi bisnis, selanjutnya kita kan bahas soal tujuannya. Penting untuk diketahui, karena memang sebaiknya, saat kita melakukan sesuatu, kita tahu apa tujuannya. Tujuan komunikasi bisnis terbagi menjadi dua, yaitu tujuan umum dan khusus.

Tujuan Umum

Kita mulai dari tujuan umum terlebih dahulu. Tujuan komunikasi bisnis secara umum adalah mendukung tujuan bisnis, agar bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Kemudian juga untuk memperbaiki pengelolaan bisnis.  Sehingga tujuan perusahaan akan tercapai.

Tujuan Khusus

Adapun tujuan khusus dari komunikasi bisnis adalah menciptakan interaksi ataupun hubungan dalam sebuah perusahaan. Baik hubungan antar perusahaan dengan para pekerja, hubungan perusahaan dengan konsumen, dengan pemerintah, atau dengan pihak eksternal lainnya.

Selain pada dua hal pokok ini, ada beberapa poin yang menjadi tujuan dari dilakukannya komunikasi bisnis. Ada tiga hal, yaitu informasi, persuasi dan kolaborasi. Berikut akan kita bahas satu persatu

Memberi Informasi

Tujuan pertama dari komunikasi bisnis adalah memberikan informasi. Baik kepada perusahaan ataupun kepada pihak eksternal. Misalkan, sebuah perusahaan memerlukan pegawai baru. Untuk itu, mereka membuat sebuah selebaran untuk mencari pegawai baru yang akan membantu bisnis mereka.

Persuasi

Kedua, tujuan dari komunikasi bisnis adalah melakukan persuasi. Persuasi tersebut bisa dilakukan ke berbagai pihak, khususnya yang tengah memiliki hubungan bisnis dengan perusahaanmu.

Misalkan perusahanmu tengah melakukan negosiasi dengan perusahaan lain terkait suatu proyek. Kamu membutuhkan komunikasi bisnis untuk mencapai kesepakatan yang baik, dan mempersuasi calon teman proyekmu untuk melakukan sesuatu yang kamu inginkan.

Menciptakan Kolaborasi

Terakhir tujuannya adalah menciptakan kolaborasi. Maksudnya, ketika perusahaanmu berhasil melakukan komunikasi bisnis yang baik. Dengan perusahaan lain, baik dalam negeri ataupun luar negeri, maka akan tercipta suatu kolaborasi kerja yang baik dan berguna bagi kemajuan perusahaanmu. Untuk itu, kita perlu memilih sarana dan melakukan komunikasi bisnis yang baik.

komunikasi bisnisManfaat Komunikasi Bisnis

Selanjutnya, apa sih urgensinya bagi kita untuk mempelajari komunikasi bisnis? Salah satu hal yang akan meyakinkan kita memilih sesuatu atau mengerjakan sesuatu adalah karena manfaatnya. Pun dengan komunikasi bisnis ini. Sebelum kamu mempraktikannya, kamu perlu tahu dulu, apa saja manfaat yang bisa didapat dari komunikasi bisnis. Berikut kita bahas.

Saling Mengerti

Manfaat pertama yang mungkin atau bakal kita dapat dari komunikasi bisnis adalah sikap saling pengertian antar unsur-unsur yang terkait. Terutama bagi sumber daya manusia yang ada, baik dari pihak internal maupun eksternal.

Mendukung Tujuan Perusahaan

Komunikasi bisnis dapat mendukung tujuan perusahaan. Maksudnya, interaksi yang terbangun melalui komunikasi antar pihak yang terlibat, atau antar perusahaan yang terikat dalam satu hubungan bisnis akan lebih baik. Nantinya, hal tersebut dapat mempermudah gerak perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Memperoleh Informasi

Dengan adanya komunikasi, maka pesan dan informasi akan semakin banyak yang tersalurkan dan didapatkan. Sehingga, manajer atau pihak perusahaan akan mendapat berbagai informasi yang mereka perlukan.

Optimalisasi Sumber Daya

Manfaat selanjutnya yang bakal diperoleh ketika kamu melakukan komunikasi bisnis adalah optimalisasi sumber daya. Komunikasi ini akan membuat suatu perusahaan dapat mengambil keputusan dengan baik, sehingga kerja perusahaan atau sumber daya manusianya akan lebih efektif.

komunikasi-bisnisPerbedaan Komunikasi Bisnis dan Komunikasi Pemasaran

Kamu pernah dengar kata komunikasi pemasaran? Kamu mempertanyakan nggak apa perbedaannya dengan komunikasi bisnis? Berikut akan coba kita ulas perbedaan terkait kedua jenis pemasaran ini.

Jika komunikasi bisnis dijelaskan sebelumnya sebagai proses pertukaran informasi untuk tujuan komersil atau bisnis, maka beda lagi dengan komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran merupakan penghubung antar pengirim dan penerima informasi yang nantinya penerima diharapkan dapat mengubah pemikiran dan pilihannya.

Pada segi tujuan atau tugasnya, komunikasi pemasaran bertugas menanamkan merek dalam ingatan calon konsumen. Serta menciptakan sebuah citra tertentu yang tentunya baik terkait suatu produk yang sedang dijual.

Hal-hal yang Menghambat Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi, kita akan mengenal istilah noise. Semacam gangguan yang mungkin akan menghambat sebuah proses komunikasi. Pun halnya dengan komunikasi bisnis. Ada beberapa hal yang mungkin bisa menghambat komunikasi bisnis perusahaanmu.

Pesan Campur Aduk

Pesan sebagai inti dari komunikasi memang sangat perlu diperhatikan. Jika intinya saja salah atau keliru, bagaimana efek dan tujuan komunikasinya bisa tercapai. Misalkan kamu menggunakan suatu jargon dalam proses bisnismu, tapi jargon tersebut tidak nyambung dan tidak sesuai dengan produkmu. Hal tersebut bisa saja menghambat proses komunikasi dan bisnismu.

Kamu juga jangan memaksakan suatu pesan dalam komunikasimu. Maksud memaksakan disini bisa saja pesan panjang yang dipaksa disampaikan dalam waktu yang singkat, atau tempat yang sempit, misal selebaran kecil dengan banyak pesan. Hal tersebut tidak akan efektif dan justru akan menghambat.

Salah Audience

Kedua adalah kesalahan dalam menentukan audience. Saat komunikasimu salah sasaran, maka kemungkinan besar komunikasi tersebut akan gagal. Untuk itu, kamu perlu menentukan segmen pasar dan mengetahui dengan jeli pasarmu atau rekan bisnismu.

Tempat

Tempat menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan ketika kamu akan melakukan kegiatan komunikasi bisnis. Kesalahan tempat bisa berpengaruh pada salah audience dan pesan dalam komunikasimu tidak tersampaikan dengan baik.

Bagaimana, kamu sudah mulai memahami kan beberapa hal terkait komunikasi bisnis? Kalau begitu, kamu berarti sudah siap juga untuk mengaplikasikannya di bisnis dan kegiatan ushamu. Hal ini penting, karena untuk memajukan sebuah bisnis, kamu perlu memaksimalkan segala hal yang mungkin dllakukan, termasuk dalam hal komunikasi.

Selain itu, hal yang perlu kamu perhatikan adalah keuangan perusahaanmu. Kenapa dari komunikasi ke keuangan? Mungkin kamu bertanya-tanya, tapi percayalah, bahwa keberhasilan sebuah perusahaan ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya komunikasi dan keuangan.

jojo-expenseUntuk memudahkan proses pencatatan dan pembuatan laporan keuangan, kamu bisa mengandalkannya ke aplikasi JojoExpense. Aplikasi pengajuan anggaran dan penggantian dari Jojonomic. Nantinya urusan keuangan perusahaanmu bisa lebih efisien dan mudah kamu selesaikan. Selamat mencoba!