Manfaat Tunjangan Harian Bagi Karyawan dan Perusahaan

perbedaan gaji karyawan

Manfaat tunjangan harian mungkin tidak banyak yang memerhatikan. Namun, efeknya sebenarnya sangat besar, baik untuk karyawan maupun perusahaan. Ada beberapa manfaat yang dapat diuraikan dari adanya tunjangan harian ini. Manfaat ini, tentu saja menguntungkan kedua belah pihak. Apa saja itu?

Ada beberapa manfaat tunjangan harian. Namun, sebelumnya kita perlu memahami bahwa tunjangan harian sendiri bermacam-macam. Bahkan, tunjangan yang didapatkan karyawan sebenarnya bukan hanya tunjangan harian. Ada juga tunjangan bulanan, tahunan, hari raya, dan semacamnya. Saat ini, kita hanya akan berfokus pada tunjangan harian saja.

Mengenal Tunjangan Harian

Terminologi tunjangan harian merujuk kepada biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk karyawan setiap hari. Biaya ini dikeluarkan untuk mendukung dan menyediakan sarana dan prasarana operasional perusahaan. Biaya ini dapat diberikan secara tunai, atau diberikan dalam bentuk barang jadi siap konsumsi.

Sebagaimana sebutan untuk tunjangan, anggaran ini tentu saja di luar dari gaji pokok karyawan. Jadi, pemberian tunjangan ini tidak akan mengurangi gaji pokok, malah menambahnya karena ia merupakan komponen terpisah. Oleh karena itu, tak perlu khawatir nominal gaji Anda berkurang karena adanya tunjangan ini. Nikmati saja manfaat tunjangan harian ini dengan gembira.

4 Macam Tunjangan Harian

Dalam operasional perusahaan, paling tidak, ada 4 macam tunjangan harian yang umumnya perusahaan sediakan. Empat tunjangan tersebut antara lain sebagai berikut.

manfaat tunjangan harian1.      Tunjangan Makan

Merujuk kepada ketetapan pemerintah dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan, karyawan akan menghabiskan minimal 8 jam di perusahaan. Ini jam kerja normal, belum lagi jika ditambah dengan jam lembur. Dalam jangka waktu ini, tentu karyawan akan membutuhkan konsumsi untuk merawat energi.

Perusahaan perlu menyediakan konsumsi tersebut agar karyawan dapat bekerja secara optimal. Jika tidak, konsekuensinya akan sangat melebar hingga ke kesehatan karyawan, sampai ketidakoptimalan kinerja. Ini merupakan salah satu manfaat tunjangan harian yang penting. Untuk itulah perusahaan memberikan tunjangan makan.

Tunjangan ini dapat diberikan dalam bentuk tunai. Namun, tentu saja akan lebih baik jika berbentuk barang jadi siap konsumsi. Perusahaan dapat bekerja dengan katering tertentu untuk menyediakan makanan bagi karyawan. Ini lebih menjamin kualitas dan ketersediaan makanan bagi karyawan perusahaan. Jika ada sesuatu, komplainnya juga dapat dilakukan lebih cepat.

2.      Tunjangan Transportasi

Beberapa perusahaan mungkin memiliki karyawan yang berdomisili jauh dari lokasi perusahaan. Atau, bisa jadi perusahaan menetapkan shifting yang membuat karyawan harus berangkat tidak di waktu biasanya. Ini membuat perusahaan perlu bertanggungjawab untuk transportasi karyawan tersebut.

Tunjangan transportasi ini seperti tunjangan makan, dapat diberikan dalam bentuk tunai atau tidak. Jika tidak, berarti perusahaan perlu menyediakan armada untuk melakukan antar-jemput dan memfasilitasi transportasi. Terserah mau menggunakan armada perusahaan sendiri atau outsourcing ke perusahaan angkutan lain.

3.      Tunjangan Pakaian

Manfaat tunjangan harian ini diberikan kepada karyawan yang perusahaannya mewajibkan untuk mengenakan seragam tertentu. Biaya pembuatan seragam ini harus disubsidi oleh perusahaan. Selain agar model dan bahannya seragam, ini juga menjadi bentuk tanggung jawab perusahaan dalam menjaga mutunya.

Tunjangan pakaian biasanya tidak diberikan dalam bentuk tunai. Manfaat tunjangan harian ini diberikan secara langsung dalam bentuk pakaian jadi. Ini untu mempercepat proses dan memastikan desain dan modelnya sesuai dengan kebijakan perusahaan.

4.      Tunjangan Kemahalan

Ini bukan bentuk lucu-lucuan. Tunjangan kemahalan adalah tunjangan yang khusus diberikan untuk karyawan yang berdomisili di daerah dengan biaya hidup tinggi. Misalnya di daerah perkotaan yang sudah maju dan padat. Biasanya, perusahaan menyediakan tunjangan khusus untuk kompensasi biaya hidup tersebut.

Bagi karyawan yang tinggal di daerah pedesaan, tak perlu mengharapkan tunjangan ini. Karena biaya hidup yang relatif murah dan terjangkau. Oleh karena itu, tak heran banyak perusahaan yang memindahkan basis produksinya ke pedesaan. Terutama pedesaan yang penduduknya cukup banyak.

Manfaat Tunjangan Harian Bagi Karyawan

Pemberian tunjangan harian tersebut tentu memberikan manfaat bagi karyawan. Diantara manfaatnya adalah sebagai berikut.

manfaat tunjangan harian1.      Meningkatkan Kedisiplinan dan Motivasi

Mendapatkan tunjangan harian akan menimbulkan perasaan dan penghargaan dalam diri karyawan. Perasaan bahwa perusahaan benar-benar memperhatikan mereka dan ingin bekerja sama. Tidak hanya sekedar untuk mempekerjakan, tapi memperlakuan sebagai mitra dan partner kerja.

Ini tentu akan meningkatkan motivasi kerja dari karyawan. Mereka menjadi lebih patuh kepada disiplin kerja dan kode etik serta tatatertib perusahaan. Ini tentu memberikan efek yang baik untuk perusahaan, entah jangka pendek, menengah, atau panjang.

2.      Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Manfaat tunjangan harian juga dapat meningkatkan produktivitas dari karyawan perusahaan. Ini merupakan dampak lanjutan dari meningkatnya motivasi dan kedisipinan karyawan. Orang termotivasi, pasti kinerjanya akan menjadi lebih baik dari orang tanpa motivasi. Orang tanpa motivasi cenderung loyo, lemah, dan lesu.

Kedisiplinan yang meningkat juga menjadi kunci dari produktivitas yang baik. Disiplin membuat karyawan dapat mencapai target kinerja yang sudah perusahaan canangkan. Pencapaian target ini tentu menjadi kabar baik dari bagian produksi. Oleh karena itu, kedisipinan perlu dipupuk dan salah satunya lewat tunjangan harian tersebut.

manfaat tunjangan harian3.      Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Dampak dan manfaat tunjangan harian lain berpengaruh kepada loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Karyawan yang merasa perusahaan cukup peduli dan menghargai akan setia terhadap perusahaan. Karyawan seperti ini cenderung rela bekerja lebih keras dan lebih baik untuk perusahaan.

Jika ada perusahaan lain yang mencoba “membajak” karyawan tersebut, dapat dipastikan akan kecewa. Karena karyawan ini akan loyal kepada perusahaan dan menolak tawaran kerja perusahaan lain. Nilai loyalitas ini cukup untuk semua tunjangan yang perusahaan berikan.

Manfaat Tunjangan Harian Bagi Perusahaan

Selain bagi karyawan, manfaat ini juga berdampak bagi perusahaan. Dampaknya antara lain sebagai berikut.

1.      Perusahaan Lebih Stabil

Kestabilan ini dapat berangkat dari berbagai faktor. Misal dari segi kesehatan karyawan. Karyawan yang terjamin konsumsinya secara baik dan transportasi lancar tentu lebih terjaga kesehatannya. Jika sehat, otomatis kegiatan produksi dan operasional dapat berjalan secara lancar.

Kestabilan juga bisa berasal dari kesetiaan karyawan. Dengan setianya karyawan, perusahaan tidak perlu melakukan gonta-ganti karyawan. Ada banyak kerugian jika perusahaan sering mengganti karyawan. Mulai dari adaptasi, keterampilan yang belum mahir, dan sebagainya.

2.      Nama Baik Perusahaan Terjaga

Perusahaan yang memberikan manfaat tunjangan harian bagi karyawan tentu akan diingat secara baik. Ingatan ini tentu akan menyebar membentuk branding yang baik bagi perusahaan. Perusahaan juga dapat menghindari kasus-kasus eksploitasi yang marak dan dapat menjatuhkan nama baik. Sekali nama baik rusak, akan sulit untuk dibangkitkan kembali.

Solusi Mudah Menghitung Tunjangan Harian

Dalam menganggarkan tunjangan harian memang harus teliti. Tantangannya bagaimana agar optimal dan tidak terlalu membebani perusahaan. Salah satu metode terbaik adalah dengan menggunakan JojoPayroll.

Jojo Payroll agar manfaat tunjangan harian cepat dibayarkanAplikasi ini akan menghitung secara otomatis semua aspek penggajian. Dengan fitur bridging terhadap pajak, BPJS, dan transfer bank, semua proses dapat selesai dengan mudah dan cepat. Manfaat tunjangan harian karyawan juga dapat dioptimalkan dengan baik. Coba demonya secara gratis di sini.