Membangun Tim Remote Untuk Fleksibilitas Perusahaan

membangun tim remote

Hal yang mendasari membangun tim remote adalah karena ada dukungan dari perkembangan teknologi yang semakin canggih. Istilah ini mulai dikenal sejak berkembang pesatnya jaringan melalui internet maupun media sosial lainnya. Sebuah perusahaan ataupun bisnis bahkan bisa beroperasi dengan cara ini.

Tentu saja bagi orang-orang yang memiliki mimpi dan juga ambisi ini adalah salah satu berita yang baik. Tapi untuk melakukan manajemen dari tim remote sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Masih banyak hal yang harus diperhatikan untuk bisa mendapatkan hasil terbaiknya.

Tantangan akan selalu terjadi jika membahas membangun tim remote. Walaupun efisiensinya memanglah begitu besar tapi dalam pelaksanaanya tidak akan seperti yang dibayangkan. Sistem yang akan diterapkan juga akan sangat berbeda dengan didalam sebuah kantor. Tapi tenang disini kami akan memberikan beberapa tips jitu untuk bisa membangun tim remote.

Berikan Respect Kepada Jam Kerja Setiap Anggota

Jam kerja adalah permasalahan utama yang menjadi permasalahan didalam membangun tim remote. Penentuan jam kerja yang fleksibel membuat setiap anggota yang terdapat didalam tim remote tidak bisa disamakan satu dan lainnya. Jika tidak bisa menghormati ritme kerja setiap anggota anda akan sulit untuk membangun tim yang solid.

Keunikan dari tim remote ini sendiri adalah karena adanya fleksibilitas dari jam kerja itu sendiri. Setiap anggota memiliki jadwal kerjanya sendiri. Sehingga anda sebagai manajemen harus memiliki pengertian yang lebih mendalam terkait hal tersebut.

Tapi menghormati jam kerja mereka bukan berarti membiarkan. Setiap anggota juga harus mengikuti visi dan misi yang telah disepakati dari awal. Jangan sampai membangun tim remote yang tidak bisa mengikuti visi dan misi dengan alasan ritme kerja.

Bangun Tim Dengan Kepribadian Yang Mendukung

Tentu saja kepribadian tidak luput dari hal yang harus dipertimbangkan ketika hendak membangun tim remote. Faktanya kepribadian sangat berperan penting agar membangun sebuah tim yang solid dan bisa menghasilkan kinerja baik.

Tentu saja manajemen harus memiliki tehnik dan metode tersendiri untuk menemukan anggota. Kepribadian yang tidak bisa diajak berkerja sama menurut visi dan misi akan menghasilkan masalah. Pentingnya kepribadian juga akan menghasilkan tim yang solid. Memang kita juga tidak bisa menutup fakta bahwa setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda.

Maka dari itu manajemen harus sangat aware tentang itu saat akan membangun tim remote. Salah memilih anggota dalam hal kepribadian akan menghambat kinerja dari setiap anggota lainnya. Karena tim remote sendiri tidak akan berbeda jauh dengan karyawan didalam sebuah perusahaan.

Agendakan Meeting Santai

Tentu saja bertatap muka akan menjadi penyelsaian berbagai masalah dan memulai membangun solidaritas didalam tim. Waktu yang diperlukan tidak harus rutin asalkan memberikan sebuah kesan. Itu sudah sangat cukup dalam agenda membangun tim remote.

Berbagai masalah bahkan ide bisa disampaikan secara langsung. Pertemuan jenis ini juga dipercaya akan memberikan energi positif bagi bisnis atau perusahaan anda. Banyak sekali pilihan yang bisa digunakan untuk menerapkan meeting santai ini.

Anda bisa mengagendakan sebuah liburan bersama ataupun hanya sekedar berkumpul dibeberapa caffe. Dengan perjumpaan yang dilakukan sesekali ini rasa memiliki dan memperjelas visi dan misi bisa terwujud. Jangan sampai ketika sudah membangun tim remote tidak pernah sekalipun melakukan meeting secara langsung.

Usahakan Agar Setiap Anggota Saling Mengenal

Dalam membangun tim remote sebagai manajemen anda harus membiarkan setiap anggota saling mengenal. Tujuan utama dari saling mengenal ini adalah agar komunikasi didalam bisnis ataupun perusahaan bisa terjadi lebih udah. Dengan saling mengenalpun akan meningkatkan kerja sama didalam tim tersebut.

Solusi terbaiknya adalah dengan membuat beberapa grup sampingan untuk sekedar berkomunikasi. Grup yang dibuat ini khusus untuk berinteraksi secara nonformal. Agar setiap anggota yang telah direkrut bisa saling memahami satu sama lain.

Tanpa menggangu grup formal yang berfokus kepada target yang telah ditentukan. Memang akan membutuhkan energi lebih saat membangun tim remote. Tapi efek dari fleksibilitasnya akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda.

Jenis tim remote ini sangat digemari oleh para pengusaha yang ada diluar negeri. Sebab dikenal sangat efisien untuk menjangkau para profesional yang memiliki keterbatasan dalam jarak dan juga tempat. Selain segi sulitnya tim remote memang memiliki manfaat yang sangat dibutuhkan sebuah bisnis pada masa kini.

Produktif Sesuai Dengan Tujuan Bisnis

Reminder harus selalu dilakukan oleh manajemen saat membangun tim remote. Waktu berkerja secara fleksibel akan membuat sebagian orang merasa teralihkan dan melupakan targetnya. Untuk itu anda harus bisa membangun suasana kerja yang produktif tapi santai. Dengan sesekali memberikan reminder dari target yang sudah disepakati.

Waktu kerja yang fleksibel memang lebih memberikan keleluasaan bagi para pekerjaa. Tapi dibalik itu juga jam kerja jenis ini justru menjadi beban tersendiri. Momen untuk keluarga dan juga perkerjaan akan tercampur dan terkadang pekerjaan kesulitan melakukan penyusunan jam kerja.

Ritme kerja yang beragam membuat produktifitas tidak bisa selalu sama satu dan lainnya. Lalu pengecekan progress dari pekerjaan juga tidak bisa dilakukan secara terus-menerus. Kecerdikan dari manajemen sangat diperlukan untuk menyelsaikan permasalahan kecil seperti ini saat membangun tim remote.

Diperlukannya sebuah alat yang dapat memonitor sekaligus memberikan feedback dari setiap pekerjaan yang telah dilakukan oleh seluruh anggaoa didalam tim remote. Syukurlah karena dizaman ini sangat banyak jenis perangkat lunak yang mendukung tim remote.

JojoTimes Maksimalkan Tim Remote

Anda pasti akan bertanya-tanya alat apa yang paling cocok untuk digunakan agar memaksimalkan kinerja dari tim remote. Perangkat lunak itu adalah JojoTimes. Dengan menggunakan perangkat lunak ini anda bisa dengan mudah melakukan pengecekan pekerjaan yang dilakukan oleh setiap anggota didalam tim remote.

JojoTimes menghadirkan sebuah adaptasi dari teknologi gps yang memudahkan perusahaan untuk mengetahui posisi anggota. Serta apa saja yang sedang mereka lakukan tanpa harus mengecek langsung ketempat anggota tersebut.

Walaupun disebut sebagai tim remote tentu saja anggota harus tetap melakukan absensi. Dengan JojoTimes absensi bisa dilakukan lebih mudah melalui perangkat lunak saja. Tentu saja ini akan memotong berbagai biaya dan waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Penyajian laporan absensi tidak akan lagi memakan waktu dan tenaga ketika anda menggunakan JojoTimes. Sebab proses pembuatan laporan akan otomatis dilakukan oleh perangkat lunak ini. Sistem yang ada didalam JojoTimes juga dapat langsung diintegrasikan dengan payroll sehingga akan mempercepat perhitungan upah.

Mulai membangun tim remote yang lebih handal dan efisien dengan bantuan JojoTimes sekarang juga. Dapatkan versi demo perangkat lunak ini secara gratis setelah anda mendownloadnya di Jojonomic.

Rasakan perbedaan manajemen dari tim remote yang lebih efisien ketika anda menggunakan JojoTimes. Membangun tim remote bukan lagi sesuatu yang sulit jika perusahaan anda sudah menggunakan JojoTimes sebagai alat bantunya.