Karyawan Terbaik Resign? Inilah 10 Alasannya!

Kamu tau kan? Karyawan merupakan aset dalam perusahaan yang mempunyai peran paling penting. Berkembang atau tidak suatu perusahaan tergantung dari karyawan-karyawan yang bekerja di dalamnya.

Memiliki karyawan yang baik dalam segala hal merupakan salah satu keberuntungan bagi sebuah perusahaan. Karyawan terbaik dapat dianalogikan sebagai harta karun yang bermanfaat besar untuk kamu dan bisnis mu.

Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawan yang memiliki performa paling baik untuk tetap tinggal dan bekerja dalam waktu lama. Namun, mempertahankan karyawan terbaik dan paling berkualitas merupakan salah satu tantangan tersendiri.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoTimes hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jika mereka mengundurkan diri. hal itu pastinya akan merugikan bagi perusahaan kamu. Lalu sebenarnya, kenapa karyawan terbaik kamu resign? Apa alasan dibalik hal tersebut? Untuk mencegah pengunduran diri itu terjadi pada perusahaan mu, yuk simak ulasan ini!

Alasan Mengapa Karyawan Terbaik Resign

Berikut adalah 10 alasan mengapa karyawan terbaikmu memilih resign dari perusahaanmu!

Gaji Tidak Sesuai

Hal pertama yang menjadi alasan mengapa karyawan terbaik kamu resign adalah gaji. Karyawan terbaik merupakan seseorang yang pastinya memahami diri sendiri. Seseorang yang paham akan kemampuan dirinya, dengan mengenali bakat, kemampuan dan nilai diri. Gaji yang tidak sesuai dengan performa kerja, akan mendorong mereka untuk mencari pekerjaan lainnya.

Karena memahami kualitas dirinya maka, karyawan terbaik kamu akan menggunakan kompetensi yang ia miliki untuk mencari pekerjaan baru. Pekerjaan yang pastinya memberikan mereka gaji yang sesuai.

Hal ini yang membuat mereka berani untuk meninggalkan pekerjaan lamanya. Mereka akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan lain yang memberikan gaji lebih besar. Oleh karena itu, menggaji sesuai kompetensi karyawan merupakan hal yang penting.

Kenaikan gaji bagi karyawan terbaik juga harus diperhatikan oleh manajer. Karena hal ini merupakan salah satu cara untuk membuat karyawan tersebut dapat bertahanan pada perusahaan kamu.

Hubungan Antar Karyawan Tidak Harmonis

Salah satu alasan yang dapat membuat karyawan terbaik kamu resign adalah hubungannya yang tidak baik dengan karyawan lain. Memiliki teman kerja yang baik mendorong seseorang untuk tinggal lebih lama dalam bekerja di suatu perusahaan. Sikap teman atau atasan yang tidak baik, pastinya akan membuat karyawan dengan performa terbaik kamu akan merasa tidak nyaman.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoTimes hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan paling umum mengapa karyawan terbaik kamu resign. Maka, penting bagi pimpinan untuk memastikan bahwa setiap individu yang bekerja dalam perusahaannya memiliki sikap dan perilaku yang baik.

Selain itu, memberikan apresiasi terhadap karyawan terbaik kamu juga dibutuhkan. Jangan sungkan untuk memberikan mereka pujian dan hadiah apabila mereka telah mencapai target.

mengapa karyawan terbaik resign

Kerja Secara Berlebihan

Terlalu banyak bekerja adalah alasan utama karyawan berhenti, terutama karyawan dengan performa tinggi. Disaat kamu memberikan pekerjaan kepada karyawan terbaikmu, biasanya mereka akan memberikan hasil paling maksimalnya. Selanjutnya setelah kamu melihat hasil itu, kamu akan terdorong untuk memberinya pekerjaan lagi dan lagi.

Oleh karena itu, pekerjaan yang kamu berikan akan terus bertambah sehingga karyawan tersebut kewalahan. Kamu harus memahami perbedaan antara kerja ekstra dan kerja berlebihan.

Memberi karyawan lebih banyak pekerjaan karena mereka adalah orang terbaik dalam menanganinya dan terus menumpuk pada tugas-tugas tambahan. Walaupun karyawan terbaik, apabila diberikan tugas terus menerus hal tersebut akan membuatnya mudah frustasi.

Pekerjaan yang Monoton

Bagi sebagian orang, memiliki pekerjaan yang berulang-ulang merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Karyawan terbaik kamu, bisa saja mengundurkan diri karena merasa bosan dan tidak tertantang dengan pekerjaannya.

Memberikan mereka sebuah tantangan untuk terus memicu semangatnya adalah hal yang cukup dibutuhkan. Pekerjaan monoton ini bisa terjadi karna kurangnya minat karyawan atas tugas yang diberikan oleh atasan nya. Keahlian mereka bisa saja tidak berkaitan dengan tugas yang kamu berikan terus menerus.

Oleh karena itu, karyawan terbaik kamu akan resign dan menemukan pekerjaan yang lebih menantang dan sesuai dengan keahliannya.

Budaya Perusahaan yang Buruk

Lingkungan kerja yang baik sangat dibutuhkan demi kenyamanan bekerja seorang karyawan. Hal ini berlaku juga untuk karyawan terbaik kamu. Apakah budaya perusahaan kamu buruk sehingga menjadi alasan mengapa karyawan terbaik tersebut resign?

Saat seorang karyawan merasa tidak sesuai dengan budaya dan kebiasaan yang diterapkan oleh perusahaan. Hal ini akan membuat mereka menjadi tidak bersemangat untuk berangkat kerja apalagi menyelesaikan pekerjaannya.

Menerapkan budaya perusahaan yang baik dan positif sangat diperlukan untuk membuat karyawan terbaik kamu betah dan tinggal lama! Penanaman budaya perusahaan yang positif tidak hanya berguna untuk mempertahankan karyawan terbaik, namun berguna untuk membuat perusahaanmu tetap berjalan maju.

mengapa karyawan terbaik resign

Tidak Memiliki Peluang untuk Berkembang

Karyawan terbaik kamu pastinya memiliki ide, aspirasi dan inisiatif yang tinggi dalam menyelesaikan sebuah tugas. Penting bagi mereka untuk tetap berkembang dan melatih diri menjadi lebih baik lagi. Perusahaan seharusnya dapat memberikan peluang terhadap karyawan tersebut untuk menyalurkan ide, aspirasi dan kreatifitasnya.

Penting untuk memberikan ruang berfikir kritis pada karyawan terbaik kamu jika kamu menginginkan mereka untuk tetap bertahan pada perusahaan kamu. Karena mereka pada dasarnya telah memiliki bakat dan kompetensi yang tinggi. Terkadang, pengembangan kemampuan pada karyawan yang telah memiliki performa baik sering dilupakan.

Perusahaan dapat menyediakan peluang pengembangan karyawan seperti memasangkan mereka dengan mentor, menempatkan mereka pada posisi lebih tinggi dan memberikan tugas dengan teknik baru.

Tekanan Kerja Kian Bertambah

Bertambahnya tekanan kerja berimbas besar pada keinginan karyawan terbaik untuk meninggalkan perusahaan kamu. Tekanan kerja yang semakin hari semakin bertambah membuat karyawan kamu akan mudah menjadi stres.

Tekanan ini bisa saja berupa pekerjaan yang bertambah terus menerus, waktu atau deadline pekerjaan yang semakin bertambah ketat dan beban kerjaan yang bertumpuk. Setiap karyawan memiliki toleransi atas tekanan kerja yang berbeda-beda.

Jika sudah tidak dapat menangani tekanan tersebut, kemungkinan besar mereka akan mengundurkan dirinya dari perusahaan kamu. Jadi sebisa mungkin berilah pekerjaan yang porsinya sesuai dan tidak terlalu berlebihan.

Merasa Kurang Dimanfaatkan

Sebagian besar karyawan terbaik sering meninggalkan suatu perusahaan karena kemampuan yang mereka miliki seolah-olah kurang dimanfaatkan dengan maksimal. Seorang manajer perusahaan, harusnya dapat memberikan porsi pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi seseorang.

Merasa kurang dimanfaatkan dengan maksimal akan membuat seseorang untuk puas terhadap apa yang telah ia kerjaan. Hal ini menjadi sesuatu yang fatal karena karyawan terbaik perusahaan mu tidak dapat mengeluarkan seluruh kemampuan yang ia miliki. Mereka butuh untuk distimulasi agar tetap menjadi karyawan yang memiliki manfaat besar bagi perusahaan.

Memiliki Masalah Personal

Hal ini merupakan alasan yang paling sering terjadi terhadap penyebab resign seorang karyawan terbaik. Masalah personal yang ia miliki bisa berupa banyak hal. Salah satu contohnya adalah masalah kesehatan.

Masalah kesehatan tidak dapat dianggap remeh, apalagi jika gangguan kesehatan yang dimiliki karyawan kamu cukup serius. Mereka akan memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan agar dapat menangani masalah kesehatannya dengan baik.

Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan karyawan-karyawannya selalu dalam keadaan yang sehat. Hal ini dapat dilakukan dengan pengecekan kesehatan rutin yang diselenggarakan oleh kantor. Selain kesahatan, terdapat masalah personal lainnya yang bisa menjadi alasan, yaitu pindahnya domisili, masalah keluarga dan lainnya.

Fasilitas atau Tekonologi yang Tidak Mendukung

Fasilitas atau teknologi terbatas yang dimiliki oleh perusahaan bisa menjadi salah satu penyebab pengunduran diri karyawan terbaik kamu. Penting untuk memastikan fasilitas dan teknologi yang ada dalam perusahaan bisa menopang dengan baik pekerjaan mereka.

Fasilitas yang dibutuhkan dapat berupa wifi yang terpasang dalam setiap ruangan, kamar mandi yang cukup, pendingin ruangan untuk menambah kenyamanan, laptop atau komputer yang berteknologi tinggi dan banyak hal lainnya.

JojoTimes

Agar kamu tidak kehilangan karyawan terbaikmu, salah satu solusinya adalah dengan mempermudah pekerjaan mereka. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan menggunakan aplikasi yang diluncurkan Jojonomic bernama JojoTimes. JojoTimes memiliki fitur yang dapat membantu karyawan mu untuk absen, mengajukan cuti dan mengetahui pembagian shift dengan mudah dan online. Yuk coba aplikasinya!