Panduan Lengkap dan Praktis Melakukan Joint Venture

Kamu punya ide bisnis dan ingin bekerja sama dengan pihak atau perusahaan lain? Atau kamu mungkin sedang mempertimbangkan bisnis dengan modal bersama? Nah, sepertinya melakukan Joint Venture pas sekali buat kamu yang mau membuka bisnis, terutama kalau kamu mau berkolaborasi dengan perusahaan lain.

Oops! We could not locate your form.

Tujuannya supaya perusahaan yang memberikan kekuatan ekonomi kepada perusahaan induk mendapatkan keuntungan bersama. Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang joint venture beserta manfaat, ciri-ciri, dan kelemahannya? Yuk, kita simak bersama penjelasannya dibawah ini!

Pengertian Joint Venture

Kamu masih bingung dengan maksud dari joint venture? Joint venture ini merupakan bentuk gabungan dari dua perusahaan atau lebih, dari berbagai negara yang bekerjasama dan menjadi satu perusahaan.

Tujuannya untuk mencapai konsentrasi kekuatan ekonomi dan tanpa melihat besar atau kecilnya modal. Jadi, kamu bisa membuat suatu usaha bersama dengan beberapa perusahaan sesuai dengan modal yang tersedia. Seru kan?

Nah, untuk kepengurusannya dipimpin oleh Dewan Direktur yang dipilih oleh para pemegang saham, dan pendiriannya harus mempunyai bentuk hukum PT (Perseroan Terbatas) terlebih dahulu ya.

Ada juga ini istilah Joint Venture Agreement yang merupakan istilah dari kontrak patungan (joint venture contract). Hal ini juga sudah diatur dalam Undang-undang No. 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil yang juga disebut sebagai perjanjian kemitraan.

Perjanjian kemitraan ini juga penting sekali karena merupakan kerjasama antara pengusaha kecil dan pengusaha menengah besar, dan bentuk nyata dari kerjasama ini meliputi permodalan ataupun skill.

Nah, wajib kamu ingat kalau joint venture ini harus dilakukan oleh penanaman modal asing dengan perusahaan domestik ya. Hal ini karena bisnis tersebut tergolong penting bagi negara dan berhubungan langsung dengan hidup orang banyak.

Tapi, tidak sembarangan loh, ada beberapa bisnis yang dilarang untuk melakukan joint venture, yaitu bidang-bidang yang berkaitan dengan pertahanan negara, seperti produksi senjata, mesin, alat-alat peledakan, dan peralatan perang.

Manfaat Melakukan Joint Venture

Dengan melakukan joint venture, ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan yang pastinya bisa mendukung usaha kamu. Apa saja manfaat dari joint venture ini?

Penghematan Pembiayaan

Dua perusahaan mungkin mempertimbangkan sistem joint venture untuk menghemat uang pada iklan, mungkin pameran dagang atau publikasi produk.

Menghemat Tenaga dan Penggabungan Keahlian

Kalau dilihat dari kekuatan tenaga kerja yang dibutuhkan dan dengan penanganan yang disatukan, akan mengurangi personalia yang dibutuhkan dibanding dengan kegiatan yang dilakukan sendiri oleh setiap perusahaan.

Selain itu, dalam bisnis teknis, satu perusahaan mungkin memiliki keahlian di satu bagian  dan perusahaan lain mungkin memiliki keahlian di bagian lain.

Lalu perusahaan-perusahaan tersebut akan menggabungkan sumber daya yang mereka punya, baik dalam hal sumber daya alat, ataupun sumber daya manusia.

Misalnya, perusahaan A pandai membuat perangkat lunak, sedangkan perusahaan B memiliki pengalaman menciptakan perangkat keras yang diperlukan untuk suatu usaha.

Rentabilitas

Melakukan joint venture bisa memperkecil masalah atau rentan terhadap kegagalan karena bisa menghasilkan laba yang berasal dari modal asing maupun modal pribadi.

Kemungkinan Optimasi know-how

Mampu menyatukan beberapa partner yang tidak sejenis baik dalam negara atau luar negeri.

Kemungkinan Pembatasan Kongkurensi (saling ketergantungan)

Joint venture bisa mengurangi rasa saling ketergantungan antar sesama perusahaan agar bisa berjalan dengan baik dan cepat, baik dari satu atau bersama dengan beberapa perusahaan.

Ciri-Ciri Perusahaan Joint Venture

Joint venture mungkin memiliki beberapa kesamaan dengan partnership, tetapi dua sistem ini berbeda loh. Partnership  biasanya merupakan entitas bisnis tunggal yang dibentuk oleh dua orang atau lebih.

Sedangkan joint venture yaitu penggabungan beberapa entitas bisnis yang berbeda (masing-masing dapat berbeda jenis badan hukum) sehingga menjadi entitas baru.

Nah, selain itu joint venture sendiri memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang berbeda dari sistem usaha lainnya, yaitu:

Perusahaan baru yang didirikan oleh beberapa perusahaan lain

Pada umumnya, joint venture ini merupakan perusahaan yang baru dibentuk dan didirikan dengan kumpulan modal dan saham dari beberapa perusahaan di dalamnya.

Kerjasama antara perusahaan domestik dan asing

Merupakan bentuk kerjasama antara perusahaan lokal dengan perusahaan luar, misalnya perusahaan dari Indonesia dengan perusahaan dari Singapura atau Amerika yang mendirikan suatu perusahaan atau bisnis bersama di suatu negara.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Modalnya berupa saham

Modal utama dari joint venture ini merupakan saham yang diperoleh atau disediakan oleh perusahaan pendiri dengan perbandingan tertentu dari setiap perusahaannya.

Kekuasaan dan hak suara pemegang saham

Pada joint venture, kekuasaan dan hak suara terbesar didasarkan pada banyaknya jumlah saham masing-masing perusahaan pendiri.

Memiliki Kebebasan Pribadi

Perusahaan pendiri joint venture tetap memiliki eksistensi dan kebebasan pribadi atau masing-masing

Resiko ditanggung secara bersama-sama

Segala masalah di dalam suatu perusahaan ditanggung bersama-sama antara masing-masing partner melalui perusahaan yang berlainan.

Kelebihan Joint Venture

Dengan melakukan joint venture kamu bisa merasakan beberapa kelebihan yang pastinya bisa membantu bisnis kamu. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari berusaha secara joint venture:

Sekutu lokal lebih memahami tentang keadaan lingkungan

Partner atau sekutu di negara yang sama atau lokal lebih memahami tentang keadaan lingkungan dimana perusahaan joint venture didirikan. Misalnya adat istiadat, kebiasaan dan Lembaga kemasyarakatan di lingkungan setempat.

Teknologi yang memadai

Ketika kamu melakukan joint venture, kamu akan memiliki sekutu lokal mungkin memilki teknologi yang cocok untuk lingkungan setempat.

Kemudahan akses modal

Akses ke pasar modal negara tuan rumah dapat dipertinggi oleh hubungan dan reputasi sekutu lokal.

Kelemahan Joint Venture

Walaupun sangat menarik dan menguntungkan, joint venture juga memiliki beberapa kelemahan yang bisa untuk dipelajari dan dijadikan bahan pertimbangan loh, yaitu:

Meningkatkan resiko politik

Jika salah dalam memilih sekutu maka akan meningkatkan resiko politik yang dihadapi.

Masalah dalam harga transfer produk dan konsumen

Adanya harga transfer produk atau komponen akan menimbulkan konflik kepentingan antara kedua belah pihak.

Perbedaan pandangan

Dapat terjadi perbedaan pandangan antara sekutu lokal dengan perusahaan.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Joint Venture

Sebelum kamu melakukan joint venture dengan beberapa perusahaan lain, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui loh supaya kamu lebih mengenal tata cara dan struktur dari joint venture ini. Apa saja ya hal-hal yang wajib kamu pahami?

Tujuan Khusus

Para pihak yang terlibat dalam sistem joint venture  biasanya telah memiliki tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Mereka umumnya menyatakan tujuan ini dengan jelas dalam persetujuan dan perjanjian yang telah disepakati oleh mereka.

Kesepakatan

Para pihak dalam sistem joint venture, yaitu para venturer bersama, umumnya melaksanakan perjanjian tertulis di antara mereka. Perjanjian ini menyatakan perincian seperti kewajiban mereka, rasio pembagian laba atau rugi, hak dan kewajiban mereka, dan lain-lain.

Durasi Tertentu

Karena semua usaha dalam sistem ini dibuat untuk tujuan tertentu, mereka umumnya berakhir begitu tujuan tersebut terpenuhi. Namun, para pihak dapat terus bekerja bersama jika mereka sepakat untuk melakukannya.

Pembagian Keuntungan

Para pihak selalu menyepakati rasio dimana mereka akan berbagi keuntungan dan kerugian mereka. Jika tidak ada kesepakatan untuk efek ini, mereka harus membagi keuntungan secara merata.

Struktur Usaha

Para pihak dapat membuat usaha patungan dengan melakukan kontrol pada salah satu aspek berikut:

  • Aktiva
  • Operasi
  • Entitas bisnis itu sendiri.

Kamu tertarik untuk melakukan joint venture dengan perusahaan lain dan perusahaan asing? Jangan lupa untuk mempelajari beberapa hal penting diatas dan memilih perusahaan-perushaaan yang terjamin untuk melakukan kerjasamanya dan dijamin bisnis kamu pasti akan sukses dan cepat maju.

Nah, untuk segala keperluan laporan keuangan dan pembayaran lainnya, serahkan saja kepada Jojonomic dengan aplikasi JojoExpense yang dijamin cepat dan praktis, hanya di genggaman untuk kelancaran finansial perusahaan kamu! Yuk gabung sekarang!