Payroll 101 Pengenalan Lebih Dalam

payroll 101

Pembayaran gaji karyawan adalah hal paling utama sekaligus mendasar dari sebuah perusahaan. Pengertian dari payroll 101 adalah pengenalan penggajian bagi manajemen perusahaan. Karyawan bisa merasa aman ketika menanda tangani perjanjian terkait pembayaran gajinya.

Perjanjian ini mengikat agar pihak perusahaan membayarkan payroll karyawan secara tepat waktu dengan jumlah yang sudah disepakati sebelumnya. Banyak manajemen perusahaan yang belum mengerti tentang payroll ini. Sehingga sering terjadi keterlambatan pembayaran ataupun kurangnya payroll ini. Sebenarnya ini tidak boleh terjadi, karena telah menyalahi perjanjian.

Tapi yang namanya dinamika sebuah perusahaan kita tidak bisa terus menuntut kesempurnaan. Ada saatnya sesuatu hal tidak berjalan seperti yang sudah diprediksikan sebelumnya. Begitu juga dengan payroll 101 yang akan dibayarkan kepada karyawan.

payroll 101Manajemen Payroll 101 Yang Baik

Sebenarnya payroll 101 dulu dikenal sebagai daftar nama-nama pegawai yang berkerja disuatu perusahaan. Tapi dengan perkembangan zaman istilah ini berubah makna menjadi jumlahan uang yang akan diterima oleh pegawai dan juga sistem pembayarannya.

Proses pembayaran gaji melalui payroll ini kadang menjadi beban tersendiri bagi administrator ataupun HR. Apalagi jika banyak instrumen-instrumen tambahan yang harus dimasukan kedalam payroll. Instrumen itu seperti pajak, insentif dan lain sebagainya.

Tentu jika tidak memahami dengan benar. Pembayaran payroll 101 akan sangat berantakan. Sebab satu kesalahan dalam perhitungan akan berdampak kepada bilangan akhirnya. Beban pikiran bagi administrator ketika mengerjakan payroll ini tidak akan terbayangkan.

Normalnya untuk satu orang karyawan saja pihak administrator bisa menghabiskan waktu 10 sampai 20 menit. Jika karyawan dibawah seratus orang mungkin masih bisa dikerjakan oleh sendiri. Tapi ketika harus mengerjakan payroll 101 untuk ribuan karyawan akan sangat melelahkan.

Maka tidak heran ketika terjadi kesalahan pembayaran. Batas wajar dari kesalahan payroll ini hanya sekali. Kesalahan pembayaran biasanya kurang dari jumlah seharusnya atau sebelumnya. Karyawan bisa mengajukan banding kepada manajemen jika terdapat kesalahan pembayaran.

Pasti pihak manajemenakan membuka telinga dengan senang hati. Sebab kesalahan mendasar seperti ini masih dibilang wajar. Ketika payroll dikerjakan masih secara manual memang sangat sering terjadi perhitungan yang keliru.

Tapi akan sangat mencurigkan jika pembayaran payroll 101 keliru secara terus menerus. Hanya ada dua kemungkinan. Pertama memang pihak administrator keliru. Kedua adanya sebuah tindak kriminal korupsi didalam perusahaan tersebut.

Korupsi mungkin saja terjadi ketika sudah menyangkut keuangan sebuah perusahaan ataupun instansi. Bahkan dengan jumlah uang yang bisa dibilang sedikitpun jika ada kesempatan maka tidak menutup kemungkinan tindak kejahatan ini bisa terjadi.

Sangat sering diberitakan kasus korupsi yang terjadi diperusahaan. Memang kejadian ini akan terdengar asing bagi sebagian orang. Karena kasus korupsi lebih banyak terjadi di instansi pemerintahan. Tapi yang namanya tindak kejahatan memang tidak memandang lokasi. Asalkan tersedia kesempatan maka bisa saja terjadi.

Perhitungan Payroll 101

Didalam perhitungan payroll 101 ini banyak hal yang harus dimasukkan oleh pihak administrator. Maksud dari memasukkan hal tersebut adalah untuk mempermudah perhitungan nantinya. Berikut adalah skema perhitungan payroll yang lazim dilakukan oleh administrator ataupun HR.

Gaji Kotor Didalam Payroll

Maksud dari gaji kotor disini adalah jumlah keseluruhan dari payroll yang dimiliki oleh seorang pegawai. Sebelum dilakukan pengurangan dan penambahan dari sumber lainnya. Perhitungannya adalah dengan menjumlahkan seluruh jam kerja dan juga lembur.

Setelah itu mengalikan jumlah jam kerja dengan gaji perjamnya. Biasanya perusahaan di Indonesia mengambil berapa hari dia masuk kerja plus jam lemburnya. Setelah itu baru dikalikan dengan gaji hariannya.

Perbedaan payroll 101 di Indonesia dengan luar negeri adalah perhitungan jam kerja. Jika di Indonesia berfokus kepada hari. Sedangkan diluar negeri karyawan dibayar perjam sehingga perhitungan gajinya. Berdasarkan jam aktifnya di perusahaan.

payroll 101Gaji Bersih Dan Total Pengurangan Payroll 101

Modal utama untuk perhitungan gaji besar adalah dengan menggunakan gaji kotor. Dalam perhitungan segmen payroll 101 mengenai gaji bersih. Pihak administrator terlebih dahulu harus mengetahui apa saja elemen potongan yang harus dimasukkan kedalam payrollnya.

Elemen potongan ini biasanya adalah tabungan pensiun, pajak negara. Jika ada pelanggaran makaakan dimasukkan juga. Jangan lupa juga untuk memasukkan asuransi kesehatan dan jiwa. Karena sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memasukkan karyawannya kedalam asuransi ini.

Minimal adalah dengan mengikutsertakan karyawan kedalam program BPJS. Sudah ada perundang-undangan yang mengatur bahwa setiap karyawan harus masuk kedalam program BPJS ini. Jika perusahaan tidak mematuhinya maka siap-siap untuk terkena sangsi.

Jika melakukan perhitungan payroll 101 ini secara manual. Tentu akan memberikan tekanan tersendiri bagi pihak yang bertanggungjawab. Sebab itu perusahaan harus menyediakan sebuah alat untuk mempermudah perhitungan ini.

Memanfaatkan Perkembangan Zaman Untuk Perhitungan Payroll

Syukurlah payroll ini berkembang setelah mulai banyaknya perangkat lunak berbasis perhitungan. Jika payroll berkembang sebelum ditemukannya komputer mungkin akan membuat pekerja administrator akan mudah stress.

Dengan banyaknya dikembangkan perangkat lunak yang berbasis kecerdasan buatan belakangan ini. Perhitungan payroll 101 semakin mudah dilakukan oleh administrator. Jika memanfaatkan perangkat lunak maka pekerjaan yang seharusnya memakan waktu berhari-hari bisa diselsaikan dalam kurun waktu menit.

Kenapa bisa seperti itu?. Perhitungan yang dilakukan oleh mesin sangat berbeda. Dengan perhitungan yang dilakukan manusia. Mesin hanya memiliki satu tujuan yaitu melakukan perintah apa yang telah diprogram didalamnya.

Untuk itulah peran serta berbagai perangkat lunak akan sangat membantu pekerjaan manusia. Diabad 21 ini perusahaan yang masih belum memanfaatkan perkembangan zaman akan lebih mudah tersingkir dari perlombaan di pasar.

Mengingat laju perkembangan dan persaingan antar perusahaan semakin ketat. Jika perusahaan hanya berputar-putar dipermasalahan payroll 101 ini. Maka akan menjadi mimpi buruk tersendiri bagi perusahaan tersebut.

Semakin efisien pembayaran gaji yang dilakukan oleh perusahaan. Maka semakin baik lingkungan kerja dan juga kinerja dari setiap karyawan didalamnya. Tentu saja gaji akan selalu menjadi fokus dan semangat utama untuk pegawai dalam berkerja.

Jika payroll 101 dibayarkan dengan tidak benar maka akan sulit pegawai fokus pada pekerjaanya. Perangkat lunak yang sangat baik digunakan dalam perusahaan adalah JojoPayroll. Dengan perangkat lunak ini perhitungan yang memakan waktu akan diselsaikan secara singkat.

Pihak administrator juga bisa mempercayakan transfer kepada JojoPayroll. Tanpa harus berkeliling ATM untuk melakukan transfer ke akun karyawan masing-masing. Fungsi transfer ini bisa menghandle lebih dari 150 akun bank di Indonesia.

Slip gaji elektronik dari JojoPyaroll akan membuat perusahaan anda hemat jutaan rupiah. Perhitungan payroll 101 jadi lebih mudah sejak mencoba versi demo dari perangkat lunak ini. Kurangi stress akibat perhitungan payroll yang berbelit-belit.

Demo dari JojoPayroll tidak akan dikenakan biaya sedikitpun. Cukup download saja di Jojonomic. Anda langsung bisa memanfaatkannya untuk perusahaan.