Kenali Perbedaan Perseroan Terbatas dan Perusahaan Perseorangan!

Perusahaan

Tau gak sih, sebenarnya sebuah warung masih dapat disebut sebagai perusahaan? Atau tahukah kamu dari mana sebuah perseroan terbatas mendapatkan modal usahanya? Sebenarnya ada banyak bentuk usaha yang ada di Indonesia. Tetapi pada tulisan ini akan kita membahas dua bentuk usaha saja. Yang pertama adalah bentuk usaha yang paling sederhana yaitu Perusahaan Perseorangan, sedangkan yang selanjutnya adalah Perseroan Terbatas.

Perusahaan Perseorangan

Adalah suatu badan usaha yang dimiliki oleh perseorangan, dapat didirikan oleh perseorangan tanpa izin atau tata cara tertentu, perusahaan ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Cara mendirikan perusahaan secara perseorangan cukup mudah karena tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan. Selain itu perusahaan perseorangan tidak memiliki kewajiban pajak yang rumit seperti perusahaan besar.

Karena pendiriannya mudah dan modalnya termasuk kecil, maka keuntungan yang didapat oleh perusahaan perseorangan juga terhitung kecil. Tetapi jika kamu berhasil membuat keuntungan yang sangat besar maka keuntungan tersebut akan kamu nikmati sendiri. Perusahaan ini  memiliki risiko yang besar dalam hal tanggung jawab, tetapi melihat dari segi pengelolaannya, kamu dapat lebih bebas karena tidak terikat oleh siapapun. Keuntungannya usaha menjadi milik kamu.

Tanggung jawab pemilik perusahaan perseorangan tidak terbatas, walaupun kelihatannya menyenangkan karena jika kamu adalah pemiliknya, maka kamu bebas melakukan apapun. Namun hal ini bisa menjadi bumerang, jika ada kerugian atau kesalahan yang fatal, maka kamu akan menanggungnya sendiri.

Karena dimiliki oleh perseorangan dan tidak bermodalkan secara besar, biasanya perushaan perseorangan tidak mempekerjakan banyak SDM (Sumber Daya Manusia). Pemantauan yang dibutuhkan, terutama pemantauan SDM dan finansial/keuangan tidak terlalu sulit untuk dilakukan karena skalanya tidak terlalu besar.

Usahan yang masuk dalam kriteria ini misalnya Toko Kelontong, Warung Bakso, dan Isi Ulang Air Minum.

Dari penjelasan di atas, maka kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan sebuah perusahaan perseorangan, yaitu:

Kelebihan

  • Pengambilan keputusan lebih cepat, karena diurus sendiri.
  • Mudah memulai usaha.
  • Tidak membutuhkan modal yang besar.
  • Tidak sulit mengurus perizinan.
  • Pemantauan yang dilakukan tidak rumit.

Kekurangan

  • Keuntungan yang dihasilkan tidak terlalu besar.
  • Risiko ditanggung sendiri jika rugi/ada kesalahan fatal.
  • Keberlangsungan usaha tergantung modal pemilik.
  • Tidak ada bantuan modal dari luar.

Hal ini tentunya akan berbeda jika kamu membandingkannya dengan sebuah badan usaha yang lebih besar. Perusahaan yang lebih besar dapat dipastikan lebih akan lebih sulit dalam melakukan pemantauan, ini terjadi karena banyaknya pihak yang terlibat dalam proses menjalankan usahanya.

Salah satu bentuk usaha yang besar, rumit, melibatkan banyak orang misalnya Perseroan Terbatas atau PT.

Perseroan Terbatas

Sekarang ayo kita bahas perusahaan yang lebih besar lagi, yaitu Perseroan Terbatas!

Perseroan Terbatas atau yang biasa kita ketahui lewat singkatan (PT) adalah sebuah perusahaan berbadan hukum, modal dari perseroan terbatas ini terdiri dari saham-saham dan obligasi. Karena modalnya berupa saham atau obligasi yang dijual, maka pemodal dari perseroan terbatas biasanya terdiri lebih dari satu orang.

Tanggung jawab dalam perseroan terbatas dipegang oleh pemilik saham. Tetapi tanggung jawab yang diemban didasari oleh saham yang dimiliki di perseroan terbatas tersebut.

Walaupun pemegang saham bertanggung jawab atas kelangsungan sebuah perseroan terbatas, tetapi perseroan terbatas biasanya dipimpin oleh direksi. Para pemegang saham dapat menggunakan kekuasaannya sekaligus sebagai bentuk kekuasaan tertinggi dalam perseroan terbatas melalui “Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)” yang biasanya dilangsungkan satu atau dua kali dalam satu tahun.

Perseroan terbatas mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan, yuk kita lihat kekurangan dan kelebihannya!

Kelebihan

  • Merupakan badan hukum, lebih terjamin kelangsungannya walaupun berganti pemilik.
  • Pemindahan sahan dari satu orang ke orang lainnya dapat dilakukan dengan mudah.
  • Karena mudah memindahkan saham, maka mudah mendapatkan modal.
  • Melibatkan banyak orang terutama yang memiliki keahlian khusus.

Kekurangan

  • Mendirikannya membutuhkan biaya yang besar.
  • Sulit pendiriannya karena diatur peraturan perundang-undangan.
  • Memiliki kewajiban untuk membayar pajak yang agak rumit prosesnya.
  • Pengambilan keputusan dalam keadaan genting memerlukan waktu (harus lewat RUPS).

Tidak hanya itu saja, perseroan terbatas dapat dibagi menjadi beberapa jenis, dimana tiap jenisnya mempunyai keunikan tersendiri. Bentuk-bentuk dari perseroan terbatas yaitu:

PT Terbuka

PT terbuka adalah sebuah perseroan terbatas yang menjual sahamnya ke khalayak umum melalui pasar modal sehingga setiap orang berhak untuk membeli serta memiliki saham di perusahaan tersebut. Biasanya ditandai dengan tulisan “Tbk” di belakang nama perusahaannya. Istilah keren dari perusahaan tertutup yang kemudian menjual sahamnya di pasar modal adalah “go-public”.

Beberapa contoh PT terbuka yaitu:

  1. PT. Bank Central Asia Tbk.
  2. PT. Bluebird Tbk.
  3. PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk.

PT Tertutup

PT tertutup adalah perseroan terbatas yang sahamnya tidak dijual secara umum. Biasanya PT tertutup hanya menjual saham atau mendapatkan modal dari kalangan tertentu saja, misalnya kerabat atau keluarga. Atau melalui pemodal yang menawarkan dirinya secara langsung untuk mendanai perusahaan tersebut secara pribadi.

Beberapa contoh PT tertutup yaitu:

  1. PT. Global Digital Niaga.
  2. PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa.
  3. PT. Trinusa Travelindo.

PT Kosong

Adalah sebuah perseroan terbatas yang memiliki izin usaha atau izin lainnya, tetapi perseroan tersebut belum menjalankan kegiatan usahanya karena berbagai alasan.

Karena skalanya besar, maka orang yang terlibat biasanya juga banyak. Selain itu dengan adanya beberapa penanggung jawab maka harus ada pelaporan yang sama dan dapat diakses oleh setiap pemilik saham (penanggung jawab).

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa mengawasi dan memulai sebuah perusahaan perseorangan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengurus perseroan terbatas. Besarnya bentuk usaha, orang yang terlibat, dan ketentuan hukum yang ada menjadikan pengawasan pada sebuah perseroan terbatas lebih rumit dan memakan waktu, tetapi hal tersebut sebenarnya dapat diatasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan JojoExpense.

JojoExpense Mempermudah Pengelolaan dan Pengawasan Perusahaan menjadi Lebih Efisien.

dukungan tenaga penjualan

Jojonomic mempunyai sebuah solusi untuk membantu mempermudah pengelolaan perusahaan anda. Anda tidak perlu membuang waktu untuk melakukan penghitungan terkait dengan cash advance. Semua dapat dilakukan dan disajikan dengan perangkat lunak JojoExpense.

Anda dapat mengelola seluruh anggaran perusahaan melalui ponsel anda. Menyetujui atau menolak reimbursement atau cash advance kapanpun dimanapun. Hingga memantau penggunaan budget karyawan.

Dengan JojoExpense anda tidak perlu khawatir akan adanya penipuan keuangan. JojoExpense dapat mendeteksi percobaan penipuan reimbursement atau cash advance, berkat Intellegence OCR dan Real Time Geo-Tagging.

Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan pemindaian berkas dan pengawasan yang bertele-tele. Cukup terhubung dengan internet dan anda dapat melakukan pengawasan pada perushaan anda.

Tunggu apa lagi? Download perangkat lunak JojoExpense versi demo JojoExpense di Jojonomic untuk mencoba. Tingkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan anda dengan JojoExpense seperti banyak rekanan kami yang telah terbantu dan mencobanya!