SaaS Sebagai Perangkat Pendukung Terbaik

SaaS

Pengertian SaaS adalah software as a service atau dalam bahasa Indonesia berarti pernagkat lunak sebagai sebuah pelayanan. pelayanan disini berarti perusahaan menggunakan perangkat lunak sebagai alat penunjang kesehariannya. sudah banyak perusahaan yang mulai tertarik dengan adanya software as a sevice ini.

karyawan yang belum mengerti benar artian dari jargon ini seringkali ketakutan. jika dilihat secara sekilas mungkin perangkat lunak sebagai service mungkin agak sedikit rancu. karena pemahaman sebenarnya adalah pihak perusahaan menggunakan perangkat lunak untuk membantu pekerjaan karyawan.

kesuksesan perangkat lunak menjadi sarana perbantuan untuk sebuah perusahaan diperkirakan akan terus naik. hal ini ditunjang dengan semakin cepatnya pertumbuhan ekonomi global. perusahaan yang belum menerapkan sistem SaaS untuk kepentingannya akan mudah kalah saing didalam pasar global.

SaaSPeran Serta Cloud Computing Didalam SaaS

mulai eksisnya SaaS ini tidak terlepas dari adanya teknologi cloud computing. istilah ini bagi masyarakat Indonesia masih sangat asing. perusahaan yang beroperasi di Indonesia masih kurang menerapkan sistem ini. tercatat penjualan software as a service masih berada pada jumlah 3%.

sedangkan diluar negeris sana penjualan SaaS sudah mencapai angka 20%. angka tersebut masih akan terus melonjak sesuai dengan perkembangan yang terjadi didalam perekonomian global. lalu apa penyebab utama negara Indonesia masih asing dengan sistem ini?.

penyebab utamanya adalah teknologi cloud masih kurang dipahami oleh para pengusaha di nusantara. walaupun tingkat perkembangannya hampir bersaing dengan luar negeri. lagi-lagi Indonesia selalu kecolongan berbagai sumber daya unggulan. seperti SaaS yang justru sudah sering diproduksi oleh berbagai perusahaan teknologi di negara ini.

teknologi cloud sendiri adalah sebuah shortcut atau jalan pintas dalam pekerjaan yang biasa dilakukan perusahaan. segala pekerjaan secara manual dirubah 360% oleh teknologi ini. contohnya adalah pengabsenan dan payroll sebelum adanya teknologi cloud.

Pihak HR harus melakukan 2 kali checking karena setiap data absensi dan payroll akan berbeda. dengan bantuan cloud dan SaaS HR bisa melakukan kedua hal itu dalam satu kali klik saja. cloud basis memanfaatkan internet sebagai media penyimpanan dan pemerosesannya.

cloud basis sistem hampir merajai semua pekerjaan yang dahulu sangat rumit. karena pihak perusahaan tidak akan repot lagi saat memerlukan berbagai data laporan yang akan dibutuhkannya. penggunaan cloud sudah terbukti mengefisienkan budget serta waktu dalam sebuah perusahaan.

didalam SaaS sendiri terdapat 2 macam pendukung. yaitu IaaS dan PaaS kehadirannya akan sangat dibutuhkan agar Saas bisa beroperasi. dengan memahami kedua faktor tersebut anda bisa lebih memahami software as a service. berikut adalah penjelasan mengenai kedua faktor tersebut.

Iaas Pendukung Pertama SaaS

Iaas dikenal Sebagai infrastruktur yang diperlukan untuk menjalankan software as a service. infrastruktur disini seperti internet dan bandwidthnya lalu penyimpanan data yang disediakan oleh provider perangkat lunak ini. penggunaan basis penyimpanan cloud tentu saja akan membutuhkan internet.

segala sesuatu yang menggunakan internet merupakan hal yang sangat disukai pada zaman ini. bahkan advertising dengan menggunakan media internet semakin ramai digunakan oleh berbagai perusahaan. begitu juga dengan pemerosesan dan penyimpanan berkas penting perusahaan.

faktor infrastruktur sangat menentukan hasil dari SaaS yang akan dioperasikan oleh perusahaan. ini terbukti dari hal pertama didalam IaaS yaitu internet bandwidth. jika kecepatan ataupun batas wajar internet yang digunakan buruk maka pengoperasian SaaS tidak akan maksimal.

kualitas internet yang digunakan tergantung dari besarnya perusahaan itu sendiri. untuk personal mungkin biaya yang dikenakan oleh pihak provider mungkin tidak akan terlalu besar. berbeda ketika sebuah perusahaan memasang Internet.

segala utilitas digital yang dibutuhkan oleh SaaS bisa disebut dengan IaaS. maka IaaS ini dikenal sebagai penunjang utama oleh banyak orang. tanpa Iaas tentu saja perusahaan tidak akan bisa menggunakan software as a service ini.

SaaS
SaaS

Paas Sebagai Provider SaaS

jika IaaS adalah utilitas yang dibutuhkan oleh perangkat lunak ini. maka PaaS adalah platform atau provider penyedia perangkat lunak ini. tidak mungkin sebuah software bisa muncul atau maintenance dengan kemampuannya sendiri. maka diperlukan sebuah perusahaan yang mengelola dan melakukan maintenance rutin.

pihak pengelola atau provider didalam SaaS akan bertanggung jawab kepada proses dan data yang telah disimpan didalam server. biasanya Paas merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berfokus kepada storage dan processing. berbagai perusahaan telah berhasil mengadopsi sistem ini kedalam lingkungan kerja mereka.

hasil yang diberikan ternyata sangatlah positif kepada perkembangan perusahaan. daya saing perusahaan yang mengadopsi SaaS dapat mengungguli dipasaran. penyebabnya karena efisiensi waktu yang digunakan karyawan pada setiap pekerjaannya.

pengumpulan laporan keuangan yang biasanya sangat menyita waktu. dengan hadirnya software as a service pihak akuntan bisa membuatnya dalam hitungan menit saja. pertukaran dan penyimpanan informasi didalam media internet memang sangat cepat.

Sinergi IaaS Dan PaaS Untuk Berjalannya SaaS

jika diibaratkan sebuah bangunan Iaas dan Paas adalah fondasi yang dibutuhkan untuk SaaS. lalu SaaS sendiri adalah sebuah alat yang sudah diprogram agar dapat berkerja sesuai perintah. penjabaran lebih lanjut akan sedikit rumit cukup kita ketahui saja bahwa SaaS ini adalah alat penunjang.

target utama dari penggunaan basis cloud dan software as a service ini adalah pengurangan biaya produksi. memang target tersebut telah dicapai oleh banyak perusahaan karena penggunaan perangkat lunak seperti ini.

SaaS bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan perusahaan anda. mulai dari perhitungan sampai pemilihan keputusan bisa didapatkan dari software ini. pengambilan keputusan yang dilakukan software adalah berdasarkan dari data didalamnya.

jojonomic adalah salah satu PaaS yang berhasil mengembangkan SaaS. produk yang sangat membantu dari provider ini adalah JojoPayroll. dengan bantuan perangkat lunak ini perusahaan tidak perlu lagi repot ketika hendak melakukan transfer keseluruh akun pegawai diperusahaan.

Karena transfer gaji bisa dilakukan oleh perangkat lunak ini. proses transfer ke lebih dari 150 akun bank yang ada di Indonesia bisa dilakukan oleh perangkat lunak JojoPayroll. tidak akan ada lagi biaya yang terbuang untuk melakukan transfer ke akun bank.

pengeluaran untuk mencetak slip gaji dari kertas tidak akan diperlukan lagi ketika menerapkan SaaS berupa JojoPayroll. karena slip gaji yang akan disediakan oleh aplikasi ini berupa elektronik. slip elektronik juga lebih efisien dan private ketika diberikan kepada karyawan.

Jojo Payroll agar manfaat tunjangan harian cepat dibayarkanhubungan absensi dan payroll bisa dengan mudah didapatkan ketika perusahaan anda menggunakan jojopayroll. dengan data absensi yang telah disimpan didalam server. mesin perangkat lunak bisa membaca dan memperhitungkan payroll yang harus diberikan.

permudah pembagian payroll karyawan dengan penggunaan versi demo dari JojoPayroll sekarang juga. tanpa biaya sedikitpun cukup download saja disitus resmi Jojonomic. anda sudah bisa langsung menikmati keuntungan dari software ini.