6 Strategi HR yang Wajib Kamu Lakukan di Perusahaan Mu!

Pengembangan sebuah perusahaan berkaitan langsung dengan kualitas sumberdaya manusia. Biasanya divisi yang menangani ini adalah divisi Humas Resource atau biasa di sebut HR. Management SDM sangat diperlukan agar kegiatan dan tujuan perusahaan bisa dicapai dengan baik. Strategi HR menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk memanajemen SDM perusahaan.

Perencanaan terhadap startegi HR dalam manajemen SDM menjadi hal yang terpenting untuk membentuk SDM perusahaan menjadi baik. Ada beberapa startegi yang bisa dilakukan HR dalam membangun SDM perusahaan yang berkualitas. yuk, kita simak penjelasannya lebih lanjut!

Pengertian Strategi HR

Strategi HR adalah metode rencana yang dipilih divisi HR untuk membawa keinginan dan tujuan perusahaan di masa depan, contohnya tujuan dari solusi bagi masalah. Secara umum, strategi dapat dianggap berbeda dari kebijakan, bahkan didefinisikan sebagai tindakan pasti.

Strategi diperlukan perusahaan dalam merencanakan semua kegiatan yang berkaitan dengan proses bisnis perusahaan. Perusauhaan khususnya divisi HR perlu membuat strategi atas apa yang akan dilakukan di masa depan demi kemajuan perusahaan. Startegi HR juga berguna sebagai acuan HR dalam menjalankan fungsinya agar tujuan bisa tercapai sesuai dengan harapan perusahaan.

Ada beberapa cara atau strategi yang bisa dilakukan oleh HR agar operasional perusahaan bisa berjalan dengan baik, hal tersebut antara lain:

Startegi HR dalam Menjalankan Operasional Perusahaan

Menempatkan SDM sesuai keahlian

Sumber daya manusia yang direkrut oleh perusahaan merupakan SDM yang memang diperlukan di beberapa bidang di perusahaan. Penempatan yang SDM sesuai pada tempatnya merupakan hal yang sangat penting. Ketika seseorang memiliki keahlian maka seorang tersebut akan ahli dan mampu dalam memberikan hasil yg terbaik bagi perusahaan. Divisi HR harus mampun untuk menempatkan calon karyawannya sesuai dengan keahliannya masing-masing

Penempatan karyawan sebagai salah satu strategi HR harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan terhadapa karyawan tersebut dan juga tidak melupakan keahlian dan kompetensi yang dimiliki orang karyawan.

Penempatan yang tepat bagi karyawan yang sesuai dengan keahlian dan kompetensinya akan berdampak positif dengan pengembangan perusahaan. Karyawan yang ditempatkan sesuai dengan keahliannya akan banyak menciptakan ide-ide yang bisa digunakan perusahaan untuk pengembangan bisnis perusahaan.

Mengefisiensikan SDM dalam pekerjaan

Melakukan efisiensi disini berarti mengusahakan input yang dikeluarkan perusahaan harus menghasilkan output yang maksimal. Efisiensi SDM dalam pekerjaan bukan dengan memforsir pekerjaan karyawan tetapi bagaimana divisi HR bisa mengotimalkan tenaga dan produktivitas para karyawan sesuai dengan kemampuan. Divis HR juga harus memastikan bahwa setiap apa yang dilakukan oleh perusahaan harus seefisien mungkin dengan hasil dan produktivitas yang maksimal dan memuaskan.

Agar efisiensi dalam operasional perusahaan berjalan dengan baik maka divisi HR harus melakukan perancangan sistem yang  bisa mendorong efisiensi. HR diharuskan untuk bisa merancang sistem agar segala input yang dikeluarkan oleh perusahaan bisa menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Hal yang bisa dilakukan HR untuk mencapai hal tersebut adalah dengan melakukan pengaorganisasian terhadap sistem yang ada di perusahaan. Pengorganisasian tersebut harus disusun dan direncanakan dengan baik sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang ada diperusahaan.

Membangun komunikasi yang baik

Komunikasi menjadi hal yang terpenting dalam mengelola Sumberdaya manusia. Membangun komunikasi yang baik antar karyawan menjadi hal yang patut untuk diperhitungkan. Hal ini bisa dilakukan HR dengan membangun sistem informasi dan komunikasi yang terstruktur dan mudah di aplikasikan.

Jika HR tidak membangun komunikasi dan terstruktur maka dikhawatirkan akan menyebabkan distorsi pada aliran komunikasi yang bisa menyebabkan miskomunikasi. Jika hal itu terjadi, maka bisa menyebabkan hubungan kerja tidak bisa berjalan dengan baik. Membuat komunikasi dua arah antara pimpinan dan karyawan yang harmonis dan intens akan dapat mengurangi miskomunikasi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh HR dalam meminimalisir kesalahan komunikasi adalah memberikan pengetahuan komunikasi kepada karyawan. Divisi HR sudah pasti memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena pekerjaannya yang selalu berhadapan langsung dengan SDM di perusahaan.

Divisi HR dipercaya memiliki kemampuan untuk membangun kapabilitas karyawan maupun perusahaan, menangani permasalah SDM yang ada diperusahaan dan menangangi operasional dan produktivitas karyawan.

Memfasilitasi kebutuhan karyawan

Persaingan yang ada diluar menjadikan perusahaan harus berpikir lebih kreatif dan out of the box. Pengembangan sebuah perusahaan harus diikuti dengan fasilitas penunjang bagi karyawan. Lingkungan kerja yang nyaman dan pekerjaan yang menyenangkan bisa menjadi dampak langsung terhadap pengembangan perusahaan.

Karyawan sebagai salah roda penggerak kemajuan sebuah perusahaan harus lah diperhatikan keinginan dan kebutuhannya. Perusahaan sebisa mungkin memenuhi kebutuhan karyawan, agar karyawan memiliki loyalitas terhadap perusahaan. Karyawan yang sudah memiliki loyalitas yang tinggi akan memberikan produktivitas yang tinggi pula. Produktivitas inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk dapat memajukan bisnisnya.

Untuk mencapai produktivitas yang tinggi dalam perusahaan, fasilitas kerja yang lengkap tentu sangat dibutuhkan. Di sini peran HR sebagai salah satu divisi yang menangai SDM perusahaan agar bisa mengerti kebutuhan karyawan. HR harus bisa melakukan analisa kebutuhan karyawan dan bisa menyedikan apa yang dibutuhkan oleh karyawan. Memenuhi kebutuhan karyawan tetap berasaskan tujuan perusahaan.

Kebutuhan karyawan bukan hanya terkait kebutuhan di kantor saja, tetapi perusahaan perlu memikirkan kehidupan personal karyawannya. Memberikan kelonggaran kepada karyawan jika ada anggota keluarga yang kesusahan atau terkena musibah bisa menjadi salah satu cara perusahaan untuk memenuhi kebutuhan personal karyawan. Selain itu, memberikan cuti yang sepadan juga bisa menjadi salah satu caranya tidak memforsir pekerjaan dengan membuat karyawan untuk lembur setiap saat. Lembur bisa menyebabkan karyawan berkurang waktunya untuk istirahat dan keluarga.

Mengembangkan SDM

Karyawan sebagai salah satu komponen terpenting dalam perusahaan harus menjadi salah satu roda penggerak terbaik perusahaan. Perusahaan wajib memberikan fasilitas pengembangan SDM agar SDM yang dimiliki memiliki kualitas produktivitas yang mumpuni. Keterampilan dan keahlian harus selalu di asah agar karyawan memiliki ide-ide yang out of the box. Dengan tersedianya banyak ide baru, maka kesempatan perusahaan untuk memenangkan kompetisi pasar akan terbuka lebar.

Management Trainee Fresh Graduate

Merekrut fresh graduate menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan oleh perusahaan. Hal ini dilakukan karena saat ini banyak SDM memiliki skill yang berbeda-beda. Skill atau kemampuan yang berbeda-beda ini menjadi salah satu sasaran perusahaan agar dengan skill yang ada para karyawannya bisa mengembangankan perusahaan menjadi yang terdepan. Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan maka biasanya para fresh grudate ini dilatih lagi agar kemampuan yang mereka miliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Hal ini yang biasanya dinamakan program Management Trainee, dengan program ini perusahaan bisa membentuk tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan sesuai kemampuan yang dimiliki oleh calon karyawan tersebut.

Pendisplinan Karyawan

Strategi selanjutnya yang bisa dilakuakn oleh HR agar opersional perusahaan bisa berjalan dengan semestinya dengan efisiensi yang tinggi adalah dengan membuat karyawan disiplin. Disiplin di sini adalah dengan membuat aturan terkait kehadiran dan kontribusi karyawan terhadap perusahaan.

JojoTImes

Kini HR tidak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana mencatat kehadiran karyawan. Aplikasi JojoTimes dari Jojonomic bisa membantu HR dalam masalah absensi karyawan yang dilakukan secara online. Aplikasi JojoTimes bisa meningkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis.