Unsur Unsur Manajemen Pegang Peranan Penting

Pengembangan perusahaan harus berdasarkan kepada unsur unsur manajemen. Perusahaan bisa sukses dan berkembang dengan sistem manajemen yang baik. Begitu juga dengan seorang manajer yang memiliki peran untuk mengelola proses manajemen ini. Seorang manajer mungkin akan terlihat santai saat berkerja. Tapi sebenarnya ia memiliki tanggung jawab yang begitu besar.

Kemunduran dan kemajuan perusahaan bergantung kepada keputusan yang diberikannya. Jadi seorang manajer harus mempunyai pemikiran jauh di depan daripada yang lainnya. Inilah yang kemudian menjadi pembeda seorang manajer dengan karyawan pada umumnya.

Pemahaman manajer mengenai unsur unsur manajemen sangatlah dalam. Sehingga ia akan selalu mengetahui bagaimana caranya menggunakan setiap setiap unsur yang ada didalam perusahaan. Secara umum terdapat 6 unsur manajemen didalam perusahaan. Dibawah ini adalah penjelasan yang cukup ringkas tentang ke 6 unsur tersebut.

Unsur Unsur Manajemen Berupa Material

Material atau sering dipahami sebagai bahan baku adalah unsur unsur manajemen yang paling penting. Tanpa ketersediaannya material ini perusahaan tidak akan bisa menjalankan aktivitas bisnisnya. Apalagi jika perusahaan tersebut bergerak pada bidang pembuatan dan penjualan produk konsumsi.

Maka dari itu seorang manajer harus sudah mengerti bagaimana cara mengontrol material agar selalu dalam kondisi yang cukup. Untuk setiap kegiatan produksi, karena perannya yang sangat penting ini. Maka sering dibentuk tim khusus yang menangani supplie ataupun material didalam sebuah perusahaan.

Terutama jika memang produk yang dibuat harus menggunakan unsur unsur manajemen berupa material dengan kualitas tinggi. Pasti manajer akan sedikit kesulitan ketika harus terus membuat persedian bahan baku untuk perusahaan. Material sangat terkait dengan proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan.

SDM Sebagai Aset Dan Pilar Kemajuan

Sumber daya manusia atau SDM adalah unsur unsur manajemen utama dalam sebuah perusahaan. Tanpa SDM tidak akan ada tindakan manajemen yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Maka sangat pantaslah jika SDM disebut sebagai aset perusahaan. Keberadaannya akan selalu dibutuhkan.

Walaupun perusahaan tersebut telah menggunakan sistem produksi mesin sekalipun. Tetap saja untuk mengaktifkan ataupun cross check kualitas dari produk. Harus diserahkan kepada  manusia, sebab ditahap akhirpun produk akan dinikmati oleh manusia.

Mengelola sumber daya manusia ini bisa dibilang sedikit sulit. Jika manajer tidak bisa memanfaatkan unsur unsur manajemen lainnya. Maka besar kemungkinan SDM akan mengeluhkan kegiatan operasionalnya didalam perusahaan. Jadi perlu berhati-hati jika sudah menyangkut sumber daya manusia ini didalam sebuah perusahaan.

Unsur Unsur Manajemen Money

Unsur unsur manajemen selanjutnya adalah money atau uang.  uang juga bisa diartikan sebagai modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Money sangat berhubungan erat dengan kondisi finansial perusahaan. Seakan menjadi roda yang dapat menggerakkan perusahaan ke arah maju ataupun kemunduran.

Uang adalah patokan utama dalam sebuah perusahaan yang bisa digunakan manfaatkan sebagai sarana produksi. Kebutuhan seperti untuk membeli bahan baku serta pembayaran gaji karyawan adalah manfaat utama yang dimiliki oleh money ini.

Bukan saja manajer yang harus mengelola unsur unsur manajemen ini dengan baik. Tapi seluruh karyawan didalam perusahaan harus bisa berkerja sama agar terlaksananya manajerial money yang lebih maksimal. Semakin besar perusahaan maka money yang dibutuhkan untuk aktivitas produksinya juga akan ikut meningkat.

Metode Pelaksanaan Bisnis

Metode adalah cara bagaimana perusahaan menjalankan bisnis dan manajemennya. Metode ini mencakup cara produksi sampai kepemimpinan. Satu yang harus selalu diterapkan adalah kenyamanan karyawan ketika penerapan berbagai metode ini.

Jangan sampai unsur unsur manajemen lainnya ikut terganggu ketika menerapkan sebuah metode yang salah. Ketika penggunaan metode yang salah maka dapat mengganggu jalannya sebuah bisnis. Maka dari itu penentuan metode yang akan digunakan haruslah berdasarkan keputusan bersama dari perwakilan karyawan didalam perusahaan tersebut.

Pasar Tujuan Meraup Untung

Pasar atau market adalah tujuan akhir yang akan dituju oleh sebuah perusahaan dalam mendapatkan keuntungan. Maka unsur unsur manajemen lain akan tidak memiliki manfaat ketika perusahaan salah memilih pasar. Contohnya saja seperti produk makanan yang malah dijual pada toko perkakas. Tentu ini akan menjadi suatu hal yang absurd dan merugikan.

Tugas utama dari sebuah perusahaan adalah untuk bisa menarik minat pembeli di pasar. Sehingga setiap konsumen yang berada di pasar dapat tertarik dan membeli produk dari perusahaan anda. Menguasai pasaran tentu saja harus mengandalkan sebuah tehnik marketing serta branding yang baik.

Pengusaha sering terjebak ketika harus menentukan sebuah target pasar. Mereka tidak bisa memanfaatkan unsur unsur manajemen yang lain dengan baik. Untuk meningkatkan minat pasar terhadap produk yang telah dimiliknya. Padahal unsur satu dan lainnya merupakan sebuah sinergi untuk mencapai target pasar yang besar.

Mesin Pendukung

Pada zaman ini tentu saja produksi yang dilakukan oleh perusahaan akan menggunakan sarana mesin. Hampir sudah tidak ada lagi produksi yang masih menggunakan tenaga manusia secara manual dan tradisional. Khususnya pada sektor makanan yang mengutamakan kesterilan produknya.

Maka produk unggulan berdasarkan kualitas dan kuantitas harus memperhatikan unsur unsur manajemen berupa mesin ataupun alat pendukung lainnya. Jika perusahaan tidak dapat menggunakan perangkat pendungkung yang telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan.

Maka perkembangan perusahaan tersebut didalam bisnis sudah dapat dipastikan akan sangat terancam. Laju produksi dengan penjualan harus sebanding, tapi yang paling penting adalah bagaimana perusahaan mengoptimalkan setiap aktivitas bisnisnya.

JojoPayroll Sebagai Pendukung

Yaitu dengan memanfaatkan mesin-mesin yang telah banyak digunakan. Entah itu berupa mesin keras ataupun perangkat lunak. Jika untuk memproduksi produk mungkin perusahaan akan lebih diutamakan menggunakan perangkat keras. Sedangkan untuk memaksimalkan unsur unsur manajemen didalam perusahaan.

Maka perlunya ada penggunaan perangkat lunak. Seperti JojoPayroll ini untuk lebih memudahkan menejerial didalam perusahaan. Software ini telah dibuat khusus untuk mempermudah segala proses payroll yang sangat memakan waktu didalam sebuah perusahaan.

Perusahaan yang telah menggunakan JojoPayroll akan mengalami perubahan manajemen data terkait payroll. Mereka akan diuntungan dengan basis cloud yang dimiliki perangkat lunak ini. Seluruh data akan disimpan oleh perangkat lunak dan siap untuk digunakan kapanpun juga.

Manfaat Singkat JojoPayroll Sebagai Perangkat Pendukung

HRIS integration memungkinkan perhitungan payroll jadi lebih mudah oleh JojoPayroll. Menghubungkan waktu absensi dengan payroll mungkin akan memakan waktu jika dilakukan secara manual. Tapi dengan perangkat lunak ini anda tidak akan pernah kerepotan lagi. Karena JojoPayroll yang akan melakukan kalkulasi merepotkan tersebut.

Setelah gaji diterima maka otomatis JojoPayroll akan memberikan slip payroll elektronik berserta kelengkapan lainnya. Dengan seluruh kemudahan ini apakah anda yakin masih ingin menggunakan cara manual?. Manfaatkan keuntungan yang ada pada perangkat lunak ini sekarang juga.

Langsung saja kunjungi website Jojonomic untuk mendapatkan versi demo dari perangkat lunak JojoPayroll. Demi berbagai kemudahan yang akan anda dapatkan dalam perangkat lunak ini.