Ini Dia 6 Jenis Usaha di Bidang Jasa dengan Modal Minim!

Di setiap negara,  pasti ada berbagai lembaga yang memilki usaha di bidang jasa dengan modal  minim. Hal ini karena setiap orang tidak ingin terikat oleh rutinitas dan suruhan atasan yang terkadang membuatnya menjadi lebih jenuh serta tak bersemangat dalam bekerja.

Sehingga, mereka lebih memilih untuk bekerja di luar kantor dengan menawarkan jasa dan dengan jam kerja tertentu.

Nah, apakah kamu adalah salah satu orang yang memiliki jiwa bebas ingin memiliki waktu yang banyak bersama keluarga, teman, hobi, dan lain sebagainya?

Di jaman sekarang ini ada berbagai bisnis yang juga menjanjikan lho, salah satunya usaha  di bidang jasa. Apa saja pengertian, manfaat dan jenis usaha di bidang jasa ini? Yuk, kita pelajari bersama di artikel ini!

Apa yang Dimaksud dengan Usaha di Bidang Jasa?

Usaha bidang jasa merupakan jenis usaha yang menjual jasa seperti tenaga, ilmu dan juga keahlian dalam bidang tertentu yang mana kita akan di bayar sesuai dengan jasa yang telah kita lakukan.

Banyak sekali contoh usaha bidang jasa yang bisa kita lakukan, tentunya usaha dalam bidang jasa harus sesuai dengan keahlian yang ada.

Bisnis jasa ini merupakan salah satu bisnis yang bisa  dijalankan dengan modal minim, tapi memiliki prospek penghasilan atau keuntungan yang menggiurkan.

Trend usaha jasa ini juga  sedang berkembang lho, karena memang dari segi pendapatan bisa melebihi gaji kamu selama bekerja.

usaha bisnis jasaManfaat atau Keuntungan Melakukan Usaha di Bidang Jasa

Dengan melakukan usaha di bidang jasa ini, kamu bisa merasakan beberapa keuntungannya, yaitu :

Bisnis jasa tidak memerlukan modal yang besar

Selama kamu tidak ingin melakukan bisnis jasa skala besar seperti jasa transportasi, jasa pelayanan kesehatan dalam hal ini rumah sakit dan sebagainya, tentunya kamu tidak akan mengeluarkan modal yang besar.

Hal terpenting dalam usaha di bidang jasa ini adalah tekat yang kuat, pelayanan yang baik, keterampilan komunikasi dan ide yang bisa memberikan sentuhan agar lebih kreatif, baik dalam pemasaran atau penanganan masalah yang ada.

Tidak memikirkan proses distribusi

Kamu tidak perlu memikirkan bagaimana untuk mendistribusi barang kamu, karena yang kamu tawarkan adalah jasa. Jadi, kamu tidak akan dipusingkan dengan urusan distribusi barang, menghitung jumlah barang atau mengawasi perputaran barang agar tidak terjadi penumpukan stock yang bisa merugikan usaha.

Tidak perlu memikirkan stok

Karena usaha ini memberikan layanan yang bersifat keterampilan, maka kamu tidak perlu memikirkan stok barang.

Kamu hanya perlu menyediakan modal pada awal berdirinya usaha. Beda halnya dengan usaha yang memiliki produk fisik.

Biasanya, modal yang harus dipersiapkan 3 kali lipat dari modal awal karena harus memiliki stok, mengantisipasi apabila ada barang refund dan sebagainya supaya pelanggan merasa puas dengan produk kita.

Tidak ada pengendapan modal

Sudah pernah mendengar tentang pengendapan modal? Pengendapan modal yaitu salah satu biaya terbesar yang harus dipikul oleh pengusaha yang memiliki produk fisik.

Modal yang mengendap biasanya karena produk yang belum terjual atau stok barang yang memang harus selalu ada demi kelancaran usaha.

Situasi ini tidak akan terjadi dengan menjalankan bisnis jasa, karena kamu tidak menyediakan biaya karena barang belum terjual, rusak dan sebagainya yang bisa membuat kerugian lebih.

Jenis-jenis Usaha di Bidang Jasa

Kemudian,  usaha di bidang jasa apa yang bisa kamu lakukan dengan modal minim? Berikut jenis-jenisnya!

translatorUsaha Jasa Penerjemah

Apakah kamu memiliki kemampuan berbahasa asing? Kalau iya, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha jasa penerjemah.

Cara memulainya juga beragam, salah satunya dengan bergabung dengan salah satu travel agent yang memang sering membuka perjalanan internasional.

Dengan begitu, kamu bisa menjadi pemandu wisata yang mengenalkan keindahan alam Indonesia ataupun membawa tamu dalam negeri untuk menemani mereka selama traveling di luar negeri.

Selain bergabung dengan travel agent, bisa pula bergabung dengan salah satu penerbit yang memang selalu menjual buku-buku luar negeri yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Bayaran yang diterima tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kesepakatan kamu dengan klien. Di awal membuka jasa penerjemah ini, kamu bisa memasang tarif standar dengan sesekali berikan diskon yang menarik agar klien kamu tertarik.

Bisnis jasa penerjemah ini masih tergolong jarang, karena itu kalau kamu menekuninya dengan serius, kamu akan bisa menjadi perusahaan jasa penerjemah yang terbaik di Indonesia. Hebat, kan?

Usaha Jasa Les Privat

Membuka jasa les privat di Indonesia adalah hal yang sangat menggiurkan. Hal ini karena dari segi level tingkat dasar hingga menengah atas memerlukan jasa les sebagai bahan tambahan pelajaran. Tentunya ini lebih banyak diminati oleh anak sekolah.

Les privat untuk ilmu lain pun bisa kamu buka mulai dari les privat musik, menari, menggambar, bahasa hingga les privat yang bersifat keagamaan yang kamu kuasai.

Membuka les privat ini bisa dilakukan di tempat atau rumah kamu, ataupun tempat murid les privat kamu, sehingga memang tidak perlu modal untuk memulai bisnisnya.

pengetikanUsaha Jasa Pengetikan

Usaha jasa berikutnya adalah membuka jasa pengetikan. Tentunya, kalau kamu memiliki komputer atau laptop bisa dengan mudah membuka usaha ini tanpa harus mengeluarkan modal.

Untuk usaha jasa pengetikan ini biasanya yang memerlukan adalah mahasiswa, siswa, atau guru-guru yang berada di lingkungan sekolah.

Jangan lupa selain ada fasilitas komputer sertakan juga dengan printer. Karena biasanya mereka ingin mencetak hasil pengetikan tersebut.

Tapi, kalau belum ada, kamu bisa menggunakan flash disk atau jasa pengiriman lewat e-mail dan tergantung dari keinginan pemesan.

Dropship atau Reseller Produk Online

Saat ini, banyak orang yang menjual barang usahanya lewat online. Karena dengan online, bisa menjangkau daerah atau tempat manapun tanpa harus bertatap muka.

Nah, banyaknya produk online yang bertebaran adalah peluang untuk kamu membuka usaha. Kamu bisa menjadi reseller yang menghubungkan konsumen dan produsen. Tentunya, keuntungan yang didapat dari hasil penjualan yang kamu tawarkan kepada konsumen.

Untuk urusan pengiriman serahkan pada pemilik barang karena mereka yang akan mengurusnya. Ongkos kirim yang dikeluarkan pun biasanya ditanggung oleh pembeli dimana mereka akan mengeluarkan ongkos kirim sesuai dengan tempat tinggal mereka.

Produk online yang ditawarkan juga  beragam mulai dari baju, produk kecantikan, mainan anak, makanan, dan lain sebagainya.

Usaha Jasa Titip atau Jastip

Usaha jasa titip saat ini tengah menjadi usaha yang begitu menggiurkan dikalangan remaja sampai berbagai kalangan.

Biasanya, pelaku jasa titip ini adalah seseorang yang tinggal di luar kota atau negeri yang menawarkan barang ciri khas negara atau kota setempat dengan harga yang murah namun kualitas sangat bagus.

Selain barang, jasa titip pun menawarkan aneka kuliner yang berasal dari daerah atau negara setempat.

Cara kerja pelaku jasa titip ini yaitu dengan masuk ke sebuah toko fashion, makanan, aksesoris dan lain sebagainya.

Mereka akan memotret barang-barang yang sekiranya akan laku untuk dijual. Setelah itu, mereka akan mengunggahnya lewat sosial media dan menunggu pesanan sesuai dengan barang-barang yang sudah di unggah.

Usaha Jasa Penulisan Artikel

Untuk kamu yang memiliki hobi dan kemampuan menulis, manfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha jasa penulisan artikel.

Karena saat ini banyak perusahaan atau para pelaku bisnis online yang memerlukan tulisan artikel untuk diterbitkan dalam blog maupun websitenya.

Untuk memulai usaha ini, kamu harus memiliki laptop atau komputer sebagai alat utama memulai bisnis. Yang diperlukan dalam membuka usaha jas penulisannya artikel ini adalah mau menulis dengan tema apapun dan harus mau menulis seusia dengan pesanan klien.

Jangan lupa pula setiap bulannya harus menyisihkan anaggaran untuk bisa terkoneksi dengan internet. Tujuannya untuk mudah berkoordinasi dengan klien kamu dari hal pengiriman sampai konsultasi masalah penulisan.

Tarif untuk menulis juga beragam seusai dengan kata yang dipesan oleh klien. Sebagai gambara, para penulis artikel ada yang mentarif 15,000 untuk satu artikel bila klien memesan 10 sampai 20 artikel.

Ada pula yang menghargai tulisan artikel 50,000 – 75,000 bila klien hanya memesan satu artikel atau dengan jumlah yang sedikit. Kamu bisa mengerjakan artikel ini di rumah, atau bahkan di café lho.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk melakukan usaha di bidang jasa ini? Ada berbagai jenis bisnis jasa yang bisa kamu lakukan sesuai dengan keahlian dan ketersediaan modal kamu. Tapi, tidak perlu khawatir karena modal yang dikeluarkan pastinya lebih minim daripada berbisnis dengan produk.

JojoExpenseSupaya usaha kamu juga lebih sukses dan menguntungkan, juga harus disertai dengan laporan keuangan yang baik dan jelas. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena semuanya bisa kamu serahkan di aplikasi JojoExpense dari Jojonomic! Dijamin laporan keuangan kamu bisa lebih teratur, akurat dan cepat dengan sistem otomatisnya! Bisa lebih produktif dan efisien, kan? Tertarik untuk mencobanya sekarang?