Telemarketing Perusahaan Yang Efektif Dan Efisien

telemarketing

Telemarketing pada dasarnya merupakan bagian dari kegiatan pemasaran oleh suatu perusahaan. Kegiatan yang satu ini mengacu pada suatu kegiatan yang bersifat melayani pelanggan. Dalam kegiatannya tersebut seorang telemarketing haruslah membuat para pelanggan menjadi tertarik terhadap produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Yang mana mereka pada umumnya melakukan komunikasi dengan para pelanggan. Bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi umumnya bersifat persuasif sehingga bisa selalu mendorong para pelanggan untuk melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkannya.

Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang telemarketing. Misalnya saja seperti menciptakan prospek baru sehingga produk yang dijual dan ditawarkan oleh sebuah perusahaan bisa terus laku di pasaran. Selain itu mereka haruslah memberikan informasi pada pelanggan mengenai segala hal yang berkaitan dengan produk yang dijual.

Istilah Telemarketing

Istilah telemarketing sendiri sebenarnya sudah banyak terdengar di kalangan masyarakat awam. Walaupun sebenarnya tidak semua orang mengerti tentang arti dari posisi tersebut. Namun kebanyakan orang mengerti bahwa tenaga pemasaran ini merupakan salah satu strategi dalam kegiatan memasarkan produk dari suatu perusahaan.

Telemarketing dapat berkomunikasi dengan para pelanggan melalui banyak media seperti misalnya melalui media telepon. Cara promosi produk melalui sistem tersebut hingga saat ini masih dianggap sebagai cara yang paling efektif. Oleh karena itu beberapa perusahaan besar hingga saat ini masih menggunakan jasa pemasaran semacam ini untuk memasarkan produk barang ataupun jasanya.

Tugas Yang Dilaksanakan

Setiap jabatan di dalam suatu perusahaan tentu memiliki tugas dan perannya masing-masing. Termasuk pula telemarketing yang juga berkaitan dengan kebijakan dan hasil dari suatu perusahaan. Umumnya mereka memiliki tugas sebagai berikut:

  • Tugas utama yaitu melakukan penjualan produk dengan menggunakan media telepon sebagai produk pelayanannya. Seorang telemarketing juga perlu menghubungi calon konsumen dan pelanggan yang dianggapnya berpotensi untuk melakukan pembelian produk. Tentu saja dalam menjual suatu produk maka mereka haruslah memberikan informasi secara jelas kepada para konsumen atau pelanggan.
  • Selain itu seorang telemarketing juga perlu melakukan penjualan serta menerima order. Memang mereka biasanya menggunakan media telepon untuk memberikan pengetahuan dan informasi mengenai produk yang dijualnya. Dengan adanya informasi mengenai produk yang dijual maka para konsumen dan pelanggan bisa memastikan apakah ia akan membeli produk yang dijual dan ditawarkan oleh suatu perusahaan ataukah tidak.
  • Adapun sebuah motivasi sebaiknya ditanamkan pada para konsumen agar bisa memiliki keinginan untuk membeli produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Seorang telemarketing sudah seharusnya selalu memberikan motivasi dengan menggunakan rangkaian kata-kata yang baik agar para konsumen bisa tertarik pada produk yang ditawarkan.
  • Tidak hanya itu saja tetapi seorang telemarketing juga masih memiliki tugas lainnya. Tentu saja tugas yang selanjutnya ini berkaitan dengan perkembangan pemasaran produk oleh suatu perusahaan.

Strategi Yang Digunakan

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa posisi ini merupakan suatu pekerjaan yang mengganggu masyarakat. Sebab tenaga pemasar tersebut biasanya melakukan penawaran terhadap suatu produk melalui media telepon. Bahkan terkadang seorang telemarketing terkesan memaksa pelanggan untuk melakukan pembelian produk. Oleh karena itu tanggapan para konsumen tidak selalu ramah kepada para pekerja tersebut.

Untuk itu seorang telemarketing perlu memiliki beberapa strategi sehingga tidak dianggap mengganggu dan bisa memasarkan produk dengan baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu melakukan riset sebelum menelepon pelanggan. Suatu riset diperlukan sebagai langkah persiapan atau perencanan. Riset tentu akan membuat Anda bisa melakukan tugas yang diberikan dengan baik sehingga Anda bisa menjalankan tugas pemasaran dengan sukses.

Selain itu sebagai seorang telemarketing sudah seharusnya Anda sadar bahwa telepon merupakan suatu kegiatan berbicara dengan orang lain. Jadi Anda bisa berbicara dengan lebih luwes dan tidak kaku. Anda setidaknya bisa menyampaikan pemasaran produk dengan menggunakan bahasa yang enak untuk didengar. Awalnya menelepon konsumen bisa saja terasa asing dan membuat Anda berbicara dengan kaku. Namun seiring berjalannya waktu Anda akan semakin luwes dalam berbicara sehingga setiap pembicaraan Anda akan terasa enak didengar. Melalui pembicaraan inilah maka Anda bisa memasarkan produk yang dijual oleh perusahaan. Telepon para pelanggan juga sebaiknya didasari dengan sikap optimis. Mungkin saja telepon yang pertama kali mengalami kegagalan namun Anda harus tetap memiliki semangat dan keyakinan bahwa nantinya apa yang Anda lakukan bisa membuahkan hasil yang baik.

Keuntungan Berkarir Sebagai Telemarketing

Pada dasarnya kegiatan yang satu ini berkaitan dengan penjangkauan customer secara langsung melalui pembicaraan di telepon. Misalnya saja perusahaan perbankan ingin menawarkan kartu kredit, maka nantinya para pegawai yang bertugas di bidang pemasaran ini perlu menawarkannya pada para konsumen.

Kegiatan tersebut yang dilakukan secara rutin tentu akan membuat pemasaran produk menjadi lebih luas. Dan tanpa disadari sebenarnya ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari suatu pekerjaan pemasaran. Salah satu keuntungan yang bisa Anda peroleh sebagai pekerja di bidang telemarketing adalah adanya kemampuan sales yang Anda kuasai. Sebab dalam hal ini tentu Anda diharuskan untuk melakukan pemasaran produk kepada para konsumen. Disini dibutuhkan keahlian melakukan penjualan yang penuh dengan trik agar produk yang ditawarkan bisa sukses terjual.

Anda juga bisa mengembangkan suatu sikap berani terutama untuk menghadapi para konsumen sekalipun hanya melalui telepon saja. Rasa takut ditolak yang awalnya muncul kini secara perlahan bisa semakin dilawan sehingga Anda semakin mental dalam bekerja. Tidak hanya itu saja tetapi melalui kegiatan telemarketing maka Anda juga bisa berlatih untuk menjadi pendengar yang baik. Melalui pendengaran akan keluh kesah dan pengalaman dari pelanggan maka Anda bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai suatu hal.

Melihat informasi yang telah disebutkan di atas, pemasaran memang merupakan poin penting dalam keberhasilan sebuah usaha. Demikian pula pengaturan sistem yang lebih efektif dan efisien. Termasuk dalam memastikan seluruh data karyawan tersimpan dengan baik dan dapat diatur secara optimal. Yang mana dalam hal ini dibutuhkan produk pendukung yang kompeten, salah satunya melalui penggunaan produk JojoTimes. Dengan adanya produk tersebut maka akan lebih mudah untuk perusahaan melakukan pemantauan absensi dan kehadiran karyawan, kapan saja serta dimana saja. Tidak hanya itu, tetapi perusahaan bebas memasukkan informasi terkait data karyawan yang bersifat pribadi dan rahasia.

Tentunya seluruh manfaat yang menarik ini bisa diperoleh berkat beragam fitur yang tersemat dalam JojoTimes. Di antara fitur tersebut terdapat fitur Monitor Team Location via Geotagging, Fingerprint Feature, Check In & Check Out Monitoring, Multiple clock-in and clock-out, Leave Management, Real Time Leave Approval, serta masih banyak lagi fitur yang lain. Dengan fitur tersebut maka tidak perlu ragu lagi, segera dapatkan coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda. Biarkan produk ini membuktikan efektifitasnya dalam waktu yang singkat bagi perusahaan Anda.